Cara Cek Tekanan Freon Ac Mobil Menggunakan Alat Ukur

Otomotifmobil.com – Bagaimana cara memeriksa isi freon ac mobil memakai alat ukur? Baiklah, artikel ac mobil berikut akan menjelaskan langkah-langkah cara mengukur tekanan freon ac mobil dan alat yang dipergunakan.

Alat yang dipakai untuk mengukur tekanan freon ac disebut manifold gauge. Harga alat ukur tekanan freon bermacam-macam, ada yang seharga 300 ribu, ada juga yang diatas satu juta rupiah, ini tergantung kualitas dan merek.

Mengenal Manifold Gauge Alat Ukur Tekanan Freon

Manifold gauge atau alat untuk ukur freon ac mobil terdiri dari dua macam, yaitu untuk ukur tekanan rendah (Low pressure) dan untuk ukur tekanan tinggi (High Pressure). Low pressure biasanya berwarna biru dan high pressure berwarna merah.
Manifold gauge ac mobil
Bagian-Bagian Alat Ukur Tekanan Freon Ac
Bagian-bagian dari manifold gauge untuk mengukur tekanan freon ac mobil adalah
1. Skala ukuran tekanan
2. Kran
3. Sightglass untuk lihat aliran freon saat isi freon pada alat ukur
4. Slang (hose)
5. Coupler atau kopel atau naple.

Cara Baca Tekanan Freon

Pada manifold gauge terdapat skala ukur dan yang sering dipakai adalah Psi. Seperti contoh berikut ini adalah contoh cara baca tekanan freon menggunakan manifold gauge.
Cara baca tekanan freon ac mobil
Tekanan normal atau tekanan standar freon ac mobil
Tekanan rendah : antara 15 psi hingga 30 psi (lihat angka 20 hingga 30 pada gauge tekanan rendah dan
Tekanan tinggi : antara 160 psi hingga 250 psi (lihat angka 160 hingga 250 pada gauge tekanan tinggi).

Cara Mengukur tekanan Freon Ac Mobil

Karena saat ini freon yang banyak dipakai adalah tipe R134a, maka saya akan memberikan contoh mengukur tekanan freon ac menggunakan manifold gauge untuk R134a. Beda antara R134a dengan R12 untuk alat ukur hanya pada naplenya atau sambungan ke service valve pada pipa ac.

Langkah Mengukur Tekanan Freon Ac Mobil
1. Sebelum naple dipasang pada pipa ac, pastikan kran pada manifold gauge dalam kondisi tetutup dengan memutar searah jarum jam, baik pada kran low atau kran high.

2. Pasang naple biru pada service valve tekanan rendah(pipa ac berukuran besar) dan naple warna merah pada service valve pipa ac tekanan tinggi(pipa ac berukuran kecil). Service valve pada ac mobil tempatnya beragam, ada yang berada di kompresor ada juga yang berada di pipa seperti gambar dibawah ini.
pasng naple pada pipa ac
Cara Pasang naple pada service valve baik pada tekanan rendah maupun tekanan tinggi, seperti contoh model naple dibawah ini, putar bagian atas warna biru dan merah berlawanan arah jarum jam dan tarik kancingan bawah sesuai arah panah agar naple bisa dimasukan ke service valve.
Naple alat ukur freon ac
Kalau sudah masuk dan biasanya terdengar bunyi klik kemudian putar kancingan atas warna merah dan biru searah jarum jam atau ke arah OPEN agar service valve terbuka dan freon mengalir ke alat ukur dan terbaca tekanan melalui alat ukur.
Naple alat ukur freon ac

3. Pastikan tekanan sudah terbaca pada alat ukur dan menunjukan tekanan yang hampir sama karena ac belum hidup, jika ac normal tekanan akan terbaca sekitar 70 psi sampai 90 psi saat mesin masih dingin.

4. Hidupkan mesin dan nyalakan ac mobil, saat ac mobil hidup pada tekanan rendah akan turun dan terbaca nilai tekanan sekitar 20 sampai 30 psi dan pada tekanan tinggi akan naik dan terbaca antara 170 psi sampai 250 psi.

Pembacaan tekanan akan berbeda ketika mesin masih dingin dengan saat mesin sudah panas, seperti contoh ketika masih dingin tekanan terbaca 20 psi dan 180 psi, tetapi saat mesin panas atau saat mesin digas tekanan bisa berubah menjadi 25 psi pada low pressure atau 220 psi pada high pressure.

Tips Cek Tekanan Freon Ac Mobil

Dari pengalaman saat mengisi freon ac mobil agar tidak menimbulkan masalah lain semisal freon kebanyakan, baik itu pada ac mobil dobel blower atau pun single blower adalah dengan menunggu temperatur kerja mesin dimana saat suhu mesin sudah panas ketika rpm mesin dinaikan ke 2000 rpm, pada sisi tekanan tinggi freon ac tidak melebihi 250 psi, usahakan berada diantara 200 psi hingga 230 psi.

error: