Penyebab Lampu Indikator Gambar Stir dan Tanda Seru Menyala

Otomotifmobil.com – Apa itu lampu indikator gambar setir dan tanda seru pada panel mobil? Lampu indikator gambar setir dan tanda seru adalah merupakan lampu indikator EPS, apa itu EPS?

EPS adalah singkatan dari Elektrik Power Steering yang berfungsi untuk membantu meringankan setang setir saat membelokan roda ke kanan atau pun ke kiri. Tentang EPS dan gambar EPS silakan lihat Artikel EPS.

Lampu indikator EPS pada mobil ada beberapa macam, diantaranya berupa indikator merah dengan tulisan huruf EPS, ada yang menggunakan huruf P/S dan ada pula yang menggunakan gambar setir dan tanda seru.
indikator eps mobil honda crv
Karena EPS menggunakan komponen elektrik, banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab Lampu indikator setir dan tanda seru (indikator EPS) menyala terus.

Berikut beberapa faktor penyebab kenapa lampu indikator EPS , Indikator P/S dan indikator gambar setir dan tanda seru menyala terus, yaitu:
1. Sistem Pengisian aki bermasalah, dan ini biasanya sebelum lampu indikator eps menyala, lampu indikator aki menyala terlebih dahulu. Hal ini karena EPS akan berhenti bekerja ketika tegangan aki berada dibawah 10 volt, sedangkan mesin mobil masih bisa hidup dan mobil masih bisa jalan dengan tegangan aki sekitar 10 volt dan ini pun tidak berlangsung lama karena mesin akan mati mendadak saat aki sudah mulai habis.

kabel b plus alternator longgar
Gambar kabel B+ alternator untuk pengisian aki longgar

2. Modul EPS dan Motor EPS rusak, seperti contoh ketika mobil kena banjir atau terendam banjir, jika air sampai setinggi modul eps dan motor eps, dipastikan akan merusak modul eps, sedangan untuk motor eps kebanyakan masih bisa dibersihkan dan diperbaiki.

gambar motor eps all new avanza
Gambar motor eps all new avanza yang terkena air

3. Sekring putus, hal ini bisa saja terjadi karena itu perlu diperiksa sekring yang berhubungan dengan fungsi EPS.

4. Jalur Komunikasi antar modul terganggu, saya ambil dua buah contoh yang pernah saya temui:
Pertama pada Honda CRV tahun 2008, Lampu Indikator EPS menyala terus karena komunikasi antar modul eps dengan panel spidometer terganggu, dengan DTC B1183 Gauge Control Module Lost Communication with EPS Unit (Modul EPS kehilangan komunikasi dengan panel spidometer), pada kasus ini meskipun lampu EPS menyala terus akan tetapi Sistem Power stering berfungsi normal, dengan kata lain meski lampu indikator EPS menyala terus tetapi stir tetap ringan.

Contoh kedua, pada eps vios limo 2009 terdapat trobel kode UO100 Lost Communication with ECP/PCM ‘A’ artinya jalur komunikasi antara modul eps dengan ecu terputus atau modul EPS kehilangan komunikasi dengan ECU atau PCM (Powertrain Control Modul), sehingga lampu indikator P/S nyala terus dan setir menjadi berat.

Kabel CAN putus
Gambar kabel CAN dari EPS modul menuju Junction Block putus

Selain beberapa penyebab lampu indikator gambar stir (EPS) menyala terus diatas, masih banyak lagi faktor penyebabnya.

error: