Penyebab RPM Tinggi Pada Mobil Injeksi Daihatsu Terios

Otomotifmobil.com – Kalau membahas penyebab rpm tinggi pada mobil injeksi terlalu luas cakupannya, karena banyak hal bisa menjadi faktor penyebab rpm mobil tinggi saat idle atau rpm mobil tinggi saat langsam, bisa jadi karena ada kebocoran udara yang tidak lewat thottle body, slang-slang ada yang bocor, pcv valve rusak, boster rem bocor, masalah pada ecu, masalah pada sensor-sensor mesin serta aktuator dan masih banyak lagi.

rpm tinggi pada mobil injeksi
Gambar 1. Rpm Mobil tinggi pada mobil injeksi Daihatsu Terios

Artikel kai ini saya akan membahas tentang memperbaiki atau mengatasi penyebab rpm tinggi pada mobil injeksi yaitu daihatsu Terios, dan untuk artikel kali ini penyebab rpm mobil tinggi adalah karena timing tidak tepat, hal ini apakah karena timing lompat atau kah karena salah ketika pemasangan rantai timing tidak saya konfirmasi ke pemilik kendaraan secara langsung, apakah sebelumnya mesin sudah sempat di bongkar atau belum.

timing tidak tepat pada mesi daihatsu terios
Gambar 2. Timing tidak tepat pada Camshaft In

Keterangan Gambar 2 ( Timing Mesin Tidak Tepat), top timing lompat satu gigi, seharusnya tanda pada sproket pada anak panah nomor 2 harus lurus dengan tanda panah nomor 1 pada rantai kamrat, silakan lihat gambar nomor 3 dibawah.

Yang jelas dampak timing tidak sesuai selain menyebabkan rpm idle tinggi juga menyebabkan kompresor ac mobil tidak bisa hidup saat mesin langsam/idle. Kompresor ac hidup atau berputar saat rpm mesin dinaikan diatas 2000 rpm.

Hal ini terjadi sama seperti artikel sebelumnya yang sudah saya tulis, terjadi pada mobil Avanza 2009 dengan mesin K3-VE dengan penyebab berbeda tetapi efeknya sama, silakan lihat artikelnya DISINI.

top mesin yang benar pada daihatsu terios
Gambar 3. Tanda Top Mesin Daihatsu Terios

Dampak Rantai Timing Lompat Pada Daihatsu Terios

1. Rpm Idle tinggi, rpm idle berada di sekitar 1500 rpm tidak bisa diturunkan.
2. Lampu check engine menyala dengan DTC P0016 yaitu Crankshaft Position / Camshaft Position Correlation (Bank 1 Sensor A)
3. Ac Mobil (kompresor ac) tidak bisa hidup saat mesin idle, kompresor hidup saat gas di naikan diatas 2000 rpm.
4. Akibat timing mesin yang tidak tepat tentu saja menyebabkan tenaga mesin tidak maksimal.

Dan tentu saja cara memperbaiki atau cara mengatasi rpm tinggi pada mobil injeksi kali ini yang disertai lampu check engine menyala akibat DTC P0016 serta kompresor ac tidak nyala saat mesin idle adalah dengan cara menyetel ulang timing mesin (setel timing rantai kamrat mesin).

error: