Memperbaiki Speedometer Digital Mobil Suzuki APV

Otomotifmobil.com – Memperbaiki speedometer digital mobil suzuki apv tidak berfungsi atau tidak normal, pada masalah ini panel spidometer tidak bekerja normal, diantaranya jarum rpm tidak bergerak saat mesin hidup atau macet, jarum spidometer tidak bergerak saat mobil jalan, jarum indikator bahan bakar dan jarum indikator temperatur mesin tidak berfungsi, lampu kota pada panel spidometer tidak menyala dan odometer digital tidak menyala.

Saat kunci kontak ON terlihat hanya beberapa indikator pada panel yang berfungsi dengan baik, diantaranya indikator pengisian aki, indikator oli, indikator check engine dan lampu handrem.

speedometer suzuki apv
Gambar 1. speedometer mobil suzuki apv

Kerusakan panel spidometer digital pada suzuki APV ini terjadi karena Ic kontrol utama pada panel speedometer tidak bekerja, IC kontrol Utama tersebut berfungsi untuk mengatur kerja spidometer, mengatur kerja odometer digital, jarum kecepatan kendaraan, indikator temperatur mesin, indikator bahan bakar dan lampu penerangan pada panel speedo.

Seperti biasanya untuk perbaikan peralatan elektronik yang ukuran komponennya kecil, hal pertama kita perlu alat tambahan untuk memeriksa kondisi komponen elektronika secara visual terlebih dahulu menggunakan kaca pembesar, ini bermanfaat untuk melihat apakah terdapat jalur pcb putus ataukah ada komponen yang rusak dan terlihat secara fisik.

pcb speedometer suzuki apv
Gambar 2. Pcb / rangkaian pada panel speedometer suzuki apv

Pada masalah speedometer digital suzuki APV ini yang menyebabkan panel spido tidak normal akibat salah satu kaki kristal osilator untuk IC D457789-6960 short ke bodi kristal akibat adanya kerak yang menempel. Silakan lihat gambar dibawah ini.

Ic MCU speedometer suzuki apav
Gambar 3. IC 457789-6960 dan kristal osilator

Setelah kerak dibersihkan dan tidak terjadi short antara kaki dengan bodi kristal osilator, panel spidometer digital suzuki APV ini pun normal kembali, odometer digital menyala, jarum rpm normal, jarum indikator temperatur mesin dan indikator bahan bakar normal serta lampu kota(lampu led penerangan) pada panel spido menyala ketika saklar lampu kota dinyalakan.

error: