Mobil Bergetar Saat Ac Dinyalakan

Memperbaiki Mesin Mobil Suzuki APV Bergetar Saat Ac Nyala

Otomotifmobil.com – Memperbaiki mobil bergetar saat ac nyala, idle up ac berfungsi dengan baik akan tetapi karena tenaga mesin kurang ketika ac dinyalakan mesin bergetar.

Kalau mencari penyebab khusus untuk masalah mobil bergetar saat ac mobil dinyalakan bisa jadi kita akan menemukan berbagai macam faktor penyebab secara spesifik, mengingat tiap mobil bisa jadi memiliki sistem berbeda yang berhubungan dengan kontrol mesin.

Mobil bergetar saat ac nyala atau saat ac hidup pada suzuki APV ini sudah terasa getaran mesin sebelum ac dinyalakan, ketika injak pedal gas pun mesin terasa getar dan terkadang ketika injak pedal gas mesin seperti mau mati(gas kosong).

Mobil bergetar saat ac dinyalakan yang dibahas kali lebih spesifik adalah pada suzuki APV yang kebetulan saja saya ketemu dengan dua mobil yang sama, diwaktu berbeda dan dengan gejala yang mirip, silakan untuk artikel satunya sudah saya tulis pada artikel sebelumnya DISINI.

Tetapi untuk mobil mesin bergetar kali ini, tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin seperti koil, busi dan lain nya. Dan dengan sengaja memang saya ingin tahu lebih spesifik apa sebenarnya penyebab mesin bergetar akan tetapi ketika dilepas soket MAP sensor rpm mesin justru lebih halus.

Dari artikel sebelumnya (Suzuki APV Mesin Getar), pembersihan injektor saya lakukan paling belakang setelah bersihkan throttle body dan ISC serta periksa kompresi mesin, periksa busi, periksa koil dan tekanan bahan bakar.

Setelah semua komponen pendukung sistem pembakaran mesin diperiksa dan dibersihkan, sebelum injektor dibersihkan hasilnya adalah mesin tetap bergetar, mesin tetap bergetar saat idle, mesin bergetar saat ac dinyalakan ataupun saat akselerasi injak pedal gas.

Gambar injektor suzuki apv
Gambar Injektor suzuki Apv Saat Dibuka

Akan tetapi setelah injektor dibersihkan, putaran mesin normal tidak terasa bergetar dan saat ac mobil dinyalakan rpm mobil naik dengan halus tanpa getaran.

Kesimpulan:
Bisa kita ambil kesimpulan bahwa penyebab mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan dari sisi mesin adalah:
1. Idle up ac tidak berfungsi dengan baik (rpm terlalu rendah), silakan lihat Artikel Tentang Idle Up Ac Mobil
2. Dan kedua adalah karena mesin kurang tenaga.

Kalau dari sisi komponen ac mobil (silakan lihat Komponen Ac Mobil) penyebab mesin mobil bergetar saat ac nyala adalah kemungkinan kebanyakan freon atau sistem ac buntu setelah kompresor, bisa juga terjadi karena kompresor mau macet atau pun bearing puly kompresor rusak. Semoga bermanfaat.

error: