Mengatasi Dinamo Starter Bunyi Kasar

Mengatasi atau Memperbaiki Dinamo Starter Tipe Planetary Bunyi Kasar

Otomotifmobil.com – Dinamo starter tipe planetary banyak digunakan pada mobil toyota atau daihatsu dan kelebihan dinamo starter tipe planetary ini adalah konstruksi yang kecil tetapi sanggup memutar mesin 2000cc milik kijang innova contohnya.

Dan ini adalah salah satu sebab kenapa pada mobil toyota atau daihatsu cukup menggunakan aki yang kecil seperti kebanyakan yang kita lihat, sudah cukup menggunakan aki ukuran 35Ah.

Pada dinamo starter tipe planetary, setiap 5 kali putaran komutator menjadi 1 kali putaran pada gigi pinion atau 5 putaran input menjadi 1 kali putaran output, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar. Silakan lihat juga Komponen Dinamo Starter.

Kembali ke judul tulisan, mengatasi dinamo starter bunyi kasar pada dinamo starter tipe planetary pada mobil toyota atau daihatsu.

dinamo starter toyota vios limoPenyebab dinamo starter bunyi kasar adalah karena terdapat kotoran atau ganjalan yang masuk kesela-sela gigi pada planetary gear, meskipun ganjalan tersebut kecil tetapi cukup membuat dinamo starter bunyi kasar dan keras ketika starter mobil, kotoran tersebut bisa berupa grease yang lama-kelamaan mengeras atau ada benda dari luar yang masuk ke celah gigi planetary tersebut sewaktu perbaikan dinamo starter.

Cara mengatasi dinamo starter bunyi kasar ini tentu saja dengan membersihkan satu persatu alur-alur gigi sampai benar-benar bersih dan kemudian lumasi ulang sebelum dipasang. Semoga berguna.

error: