Memperbaiki Mesin Suzuki APV Getar

Memperbaiki atau Mengatasi Mesin Getar Pada Suzuki APV Arena GL 2011

Otomotifmobil.com – Memperbaiki atau mengatasi masalah mesin getar pada mobil suzuki APV 2011, Suzuki Apv kenapa mesin mobil bergetar? mesin mobil bergetar saat idle atau saat langsam, mesin suzuki apv getar saat rpm rendah, mesin mrebet saat digas, mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan dan mesin kurang tenaga saat nanjak.

Itulah kira-kira gambaran sebagai dampak jika pembakaran pada ruang bakar mesin tidak normal pada mesin suzuki APV 2011 ini, pada saat idle atau ketika rpm rendah mesin bergetar apalagi jika ac mobil dinyalakan getaran mesin akan lebih terasa dan hal ini juga terdengar dari ledakan-ledakan kecil yang tidak teratur terdengar dari knalpot, yang menandakan bahan bakar tidak terbakar semua saat terjadi pembakaran di ruang bakar mesin tetapi sisa bahan bakar terbakar saat akhir langkah buang, ini terjadi baik ketika mesin masih dingin (baru hidup) maupun ketika mesin sudah panas, hal tersebut karena suzuki apv menggunakan satu koil untuk dua busi.

Pada masalah mobil suzuki apv kali ini problem nya cukup komplek karena mesin sudah lama tidak pernah hidup, ketika dihidupkan problem seperti yang tertulis pada paragraph pertama muncul semua.

Penyebab Mesin Suzuki APV Getar dan Cara Mengatasi

Koil suzuki apv arena bocor
Koil suzuki Apv bocor

1. Penyebab pertama adalah karena koil apv bocor, setelah koil diganti getaran mesin sudah berkurang jika dibandingkan saat menggunakan koil yang lama.

2. Penyebab kedua karena kompresi mesin rendah, ini terjadi karena mesin lama tidak hidup sehingga ring piston tidak mengembang sempurna, ketika diukur tekanan kompresi terdapat dua silinder yang kompresinya terlalu rendah, untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memasukan oli beberapa tetes ke ruang bakar melalui lubang busi.

3. Busi basah dan kotor, busi basah dan kotor ini disebabkan karena koil bocor dan kompresi mesin yang berada dibawah spesifikasi sehingga tidak semua bahan bakar terbakar saat proses pembakaran.

4. Penyebab ke-empat adalah karena ISC kotor, ISC yang kotor menyebabkan saluran udara atau banyaknya udara menuju mesin sedikit berkurang dan dampaknya adalah ketika mesin idle terjadi campuran bahan bakar menjadi gemuk karena pasokan udara kurang, khusus untuk penyebab ke empat ini proses pencarian nya cukup memakan waktu, karena ketika ac dinyalakan rpm mesin mau naik sedikit atau dengan kata lain idle up ac bekerja dengan baik, hanya saja terlihat idle up agak lambat naiknya.

Setelah koil diganti, kompresi pada semua silinder mesin diperbaiki dan busi juga diganti,filter udara dibersihkan, masih terdengar sesekali dari knalpot ledakan-ledakan kecil dan mesin masih terasa bergetar.

Terpikir didalam benak apakah mungkin terdapat sensor-sensor efi yang tidak bekerja normal ataukah masalah pada ecu sehingga pembakaran pada mesin tidak normal terutama yang berhubungan dengan suplai bahan bakar ke mesin, ketika saya coba lepas soket MAP sensor sambil mesin hidup, saat soket MAP Sensor dilepas justru putaran mesin lebih halus tidak ada lagi terdengar ledakan-ledakan kecil dari knalpot.

Map sensor suzuki apv arena
Lepas soket Map Sensor Suzuki APV Arena GL

Apakah Map sensor bermasalah? apakah ecu bermasalah? Kedua-duanya bukan, karena MAP sensor dan ECU sudah saya pinjamkan dan hasilnya adalah sama, yaitu mesin masih tetap terasa getar dan bunyi ledakan knalpot masih terdengar.

Kembali terpikir kenapa saat soket MAP sensor dilepas justru suara mesin lebih stabil dan tidak ada terdengar ledakan kecil dari knalpot dan tidak ada getaran pada mesin.

Saat injektor dilepas, pada injektor secara fisik pada ujung depan injektor terlihat bersih, setelah injektor dibersihkan ketika mesin sudah dingin (Lihat Cara bersihkan Injektor) dan ketika injektor dipasang, berharap ledakan kecil dan mesin getar tersebut sudah tidak ada lagi.

Akan tetapi ketika injektor di pasang setelah dibersihkan, masih terdengar dalam tempo yang agak jarang suara ledakan kecil dari knalpot tersebut, yang mungkin saja bagi kita yang tidak terbiasa dengar suara knalpot akan menilai itu adalah suatu yang normal, tetapi ketika soket MAP sensor dilepas putaran mesin lebih halus, sama sekali tidak terdengar bunyi ledakan kecil dari knalpot. Silakan lihat Fungsi MAP sensor.

Mesin normal saat soket MAP sensor dilepas, ini adalah inti masalahnya faktor kevacuuman mesin yang terbaca oleh map sensor saat mesin idle yang membuat campuran udara bahan bakar gemuk dan busi selalu terlihat basah oleh bensin.

Setelah throttle body dan isc dibersihkan, mesin pun normal kembali tanpa melepas soket MAP Sensor, tidak ada lagi suara ledakan kecil terdengar dari knalpot dan idle up ac langsung naik saat ac dinyalakan. Semoga berguna.

error: