Gejala Sensor CKP Rusak Suzuki Carry Futura Injeksi

Tanda Kerusakan CKP Sensor Pada Suzuki Carry Futura Injeksi 1500cc

Otomotifmobil.com – Tanda-tanda atau ciri-ciri sensor ckp rusak pada mobil suzuki carry futura injeksi 1500 cc, yang kebetulan sudah lama terjadi tetapi saya belum sempat menulisnya.

Pada kesempatan ini, akan saya tulis secara singkat gejala kerusakan sensor ckp pada suzuki carry futura injeksi 1.5.

Berikut adalah gejala atau tanda jika ckp sensor (silakan lihat fungsi ckp sensor) pada suzuki futura injeksi rusak atau tidak berfungsi:
1. Mesin sulit hidup akan tetapi bukan berarti tidak bisa hidup, hanya saja untuk menghidupkan mesin diperlukan starter mesin agak panjang.

2. Ketika mesin sudah hidup, saat pedal gas diinjak penuh, rpm mesin hanya sanggup sampai 4000 rpm atau rpm mesin tertahan pada 4000 rpm, sehingga saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dengan rpm berada disekitar 4000 rpm, mobil terasa ndut-ndutan atau mrebet. Dengan kata lain mesin mrebet pada rpm tinggi atau mesin mrebet pada kecepatan tinggi.

3. Ketika dibaca menggunakan scanner terdapat trouble code P0335 CMP Crt Malf dan ketika trouble kode tersebut dihapus saat mesin hidup, seketika itu juga mesin langsung mati.

p0335 cmp crt malf
P0335 CMP Crt Malf

4. Lampu indikator check engine menyala terus.
Sensor cmp suzuki carry futura injeksi
Gambar Letak Sensor CMP Suzuki Carry Futura EFI

5. Ketika mesin hidup, saat sensor CMP dilepas, mesin langsung mati.
sensor ckp suzuki futura injeksi
Gambar letak sensor ckp suzuki carry 1.5 futura injeksi

Gambar diatas adalah letak atau posisi ckp sensor pada suzuki carry futura injeksi 1500 cc, kabel sensor ckp putus adalah yang menjadi penyebab lampu check engine menyala, mesin sulit tidak langsung hidup saat starter serta mesin mrebet pada rpm tinggi dan kecepatan tinggi.

Tips: Jika menemukan tanda atau gejala yang sama tetapi dengan DTC P0335 CMP Crt Malf, periksa dulu ckp sensor, semoga bermanfaat.

error: