Dashboard Mobil Bunyi Berisik Saat Ac Nyala

Mengatasi Dashboard Bunyi Berisik Saat Ac Hidup pada Mobil Nissan Livina dan Nissan Juke

Otomotifmobil.com – Penyebab dashboard mobil bunyi berisik ketika ac dinyalakan pada mobil nissan grand livina atau nissan juke, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya diantara nya adalah blower ac rusak atau blower ac longgar tidak duduk tepat pada tempatnya atau pun karena ada benda asing yang masuk ke blower ac.

Tempat atau posisi blower ac pada nissan livina atau nissan juke berada tepat di bagian tengah dashboard, jika terdapat benda asing yang terperangkap dan ikut berputar bersama blower akan menyebabkan bunyi berisik didalam dashboard atau bunyi menderu sewaktu ac mobil menyala, terlebih lagi jika blower ac berputar pada kecepatan tinggi.

Untuk nissan livina adanya benda asing yang masuk ke blower bisa dilihat dari sebelah kiri atau dari bawah laci dashboard sebelah kiri dan bisa diambil benda asing tersebut menggunakan tangan, posisi blower ac tidak tertutup.

blower ac mobil nissan juke
Gambar 1. Benda asing masuk blower ac mobil nissan juke.

Untuk nissan juke, jika terdapat benda asing masuk blower dan menyebabkan bunyi berisik atau bunyi menderu saat ac nyala, kita bisa mengeluarkan benda asing tersebut dengan cara melepas blower dari arah belakang blower.

Seperti terlihat pada gambar 1 di atas, jika benda asing yang masuk ke blower terlalu banyak, selain menyebabkan dashboard mobil bunyi juga bisa menyebabkan angin ac kecil dan ac mobil kurang dingin.

Berikut adalah gambar cara membuka blower untuk mengeluarkan benda asing yang terperangkap pada blower pada mobil nissan grand livina atau pun nissan juke.

Cara melepas blower ac nissan livina atau nissan juke
Gambar 2. Cara membuka blower ac mobil nissan juke dan nissan livina

Blower ac nissan juke atau grand livina bisa dilihat dari bawah stir, posisi agak keatas, cara membuka blower ac mobil nissan juke atau nissan livina seperti terlihat pada gambar 2 adalah:
1. Buka soket blower, pastikan blower tidak sedang berputar atau matikan mesin.
2. Tarik kancingan sebelah atas kearah luar atau kearah kita, kancingan lentur tidak keras.
3. Putar blower kearah kanan atau putar searah jarum jam.

Sedangkan cara pasang blower pada nissan juke atau grand livina adalah kebalikan dari ketiga langkah diatas, semoga bermanfaat.

error: