Cara Ganti Ecu Mobil Suzuki Grand Vitara

Langkah atau Cara Mengganti Ecu Mobil Suzuki Grand Vitara Dengan Immobilizer

Otomotifmobil.com – Pada pertengahan Mei 2017 saya mengganti ecu suzuki grand vitara dengan sistem immobilizer, dimana cara untuk mengganti ecu mobil yang menggunakan immobilizer perlu menggunakan tool tambahan untuk sinkronisasi immobilizer dengan ecu yang baru.

Pertanyaan awal kenapa ecu perlu diganti, untuk masalah yang saya temui karena saat kunci kontak ON, lampu check engine mati atau tidak nyala serta ecu tidak terdeteksi oleh scanner dan setelah dipastikan dengan mengukur beberapa tegangan utama yang masuk ke ecu sudah lengkap atau belum, maka kesimpulan diambil bahwa penyebab lampu check engine mati pada suzuki grand vitara 2012 ini adalah karena kerusakan pada ECU. Silakan lihat juga Tanda Ecu Rusak.

ecu suzuki grand vitara
Gambar 1 . Ecu suzuki grand vitara

Masalah diatas tentu saja menyebabkan mesin tidak mau nyala atau tidak mau hidup saat distarter dan silakan lihat juga Beberapa Penyebab Mesin Mobil Tidak Nyala.

Alat yang diperlukan untuk ganti ecu suzuki grand vitara
1. Siapkan ECU baru, harga ecu grand vitara baru diatas 9 juta rupiah, murah dan mahal adalah relatif.
2. Alat yang saya gunakan untuk “Key Matching” atau sinkronisasi immobilizer dengan ecu baru adalah OBDstar X100 pro.
3. Scanner untuk mobil Suzuki tetapi tidak harus.

Setelah Ecu terpasang dan ON kunci kontak, lampu indikator check engine menyala dan lampu indikator gambar gembok kedip-kedip, meski remote sudah dibawa masuk kabin dan anak kunci asli sudah terpasang, ketika discan terdapat  DTC P1614 Inc Signal From Immob Module.

alat ganti ecu mobil suzuki grand vitara
Gambar 2 . Alat untuk mengganti ecu suzuki grand vitara

Berikut langkah dan cara ganti Ecu Mobil suzuki grand vitara atau cara sinkronisasi immobilizer dengan ecu baru grand vitara:
1. Pilih Vehicles – Immobilizer

2. Pilih software version, saya gunakan suzuki v30.15

3. Pilih Immobilizer

4. Pilih Suzuki Swift – zona pilih Other, kenapa saya pilih SWIFT bukan grand Vitara? Karena saat pilih suzuki grand vitara ketika pada langkah memasukan PIN KODE ECU tidak ada yang berhasil dengan kode default yang ada.

5. Pilih 05- artinya tahun 2005 ke atas.

6. Pilih Menu All Keys Lost , terdapat pesan ” After performing this function, all keys will be erased”. Artinya semua kunci terdaftar akan terhapus, hal ini tidak masalah karena memang aktualnya ecu baru belum ada kunci yang terdaftar.

7. Pada layar All keys lost, masukan security code, terdapat keterangan “In general, the security code is the following 4 types”, terdapat 4 security code yang masing-masing terdiri dari 4 angka, setelah coba satu persatu, sampai security code ke 3 tidak berhasil masuk, pada security code terakhir atau pin kode terakhir yang saya masukan, setelah terdapat tulisan communicating…. kemudian kunci telah berhasil dihapus semua, “All keys erased”.

8. Setelah ada pesan “All key erased”, pilih enter, selanjutnya terbuka menu All key lost, pada bagian ini masukan angka tahun sekarang klik tombol enter kemudian terdapat menu konfirmasi angka yang dimasukan pilih enter, dan kemudian masukan bulan sekarang, klik tombol enter, masuk layar menu konfirmasi bulan yang dimasukan tadi, pilih enter.

9. Setelah konfirmasi angka bulan yang dimasukan pada langkah no 8 dan klik enter, selanjutnya muncul layar Informasi “Program success”. Program success, whether to program next one? Press enter to continue, press escape to return, artinya Program kunci telah berhasil, untuk program satu lagi kunci klik enter jika tidak pilih escape.

10. Off kan kunci kontak, kemudian ON kan kunci kontak, saat kunci kontak di-ON-kan lampu indikator gambar gembok sudah berhenti kedip-kedip, mesin siap untuk dihidupkan.

11. Konfirmasi untuk melihat kunci yang berhasil didaftarkan ke ECU atau melihat kunci yang sudah teregistrasi ke Ecu, ulangi prosedur awal, sama hingga sampai langkah no 5 diatas, tetapi pada langkah 6 adalah pilih menu ECU Identification.

12. Pada menu ECU Identification juga sama, masukan security code (PIN CODE) sama seperti langkah No 7, setelah konfirmasi 4 digit pin kode akan muncul layar “Reading Ecu Identification…”, tunggu beberapa saat akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.

ecu identification suzuki grand vitara
Gambar 3 . Ecu Identification Susuki Grand Vitara

Berikut penjelasan gambar hasil ECU Identification diatas:
1. Keyless operating system code : programmed, artinya remote transponder untuk start mobil tanpa kunci kontak sudah terprogram.
2. Remote start device code : programmed, artinya transponder kunci untuk starter mobil sudah terprogram.
3. Number of keys : 1, jumlah kunci terprogram 1
4. The latest year of Key programming : 2017, artinya terakhir kunci diprogram adalah tahun 2017
5. The Latest Month of Key Programming : 5, artinya terakhir kunci diprogram pada bulan 5 atau bulan Mei pada tahun tersebut diatas.

error: