Kelebihan dan Kekurangan Thermostat Mesin Innova Tidak Di Pasang

Otomotifmobil.com – Kelebihan dan kekurangan jika thermostat mesin pada kijang innova bensin dengan mesin 1TR-FE dilepas atau dicopot tidak dipasang di mesin.

Sebanyak dua kali ketemu dengan thermostat mesin innova bensin dilepas, pertama memang karena permintaan yang punya mobil thermostat mesin tersebut dilepas tetapi seminggu kemudian dipasang kembali setelah mengetahui secara langsung dampaknya.

Panel spidometer innova bensin 2005

Yang kedua karena keluhan rpm idle tinggi sekitar 1000 rpm dan rpm mesin tidak turun-turun meskipun mobil sudah hidup beberapa menit lamanya hingga hampir 30 menit lebih. Berikut juga bisa dilihat datastream suhu mesin dan rpm yang difoto dari alat diagnosa.

datastream innova bensin saat thermostat dilepas
Data suhu mesin dan rpm ketika thermostat mesin innova bensin tidak dipasang

Keuntungan Thermostat Mesin Innova Di Lepas

Kelebihan thermostat mesin innova dilepas yaitu suhu mesin atau temperature kerja mesin akan lebih dingin, meskipun diinjak pedal gas berkali-kali atau rpm mesin dinaikan berkali kali dan mesin dihidupkan beberapa saat lamanya, suhu mesin tidak bisa mencapai 70 derajat celsius.

Suhu mesin yang terus dingin ini disebabkan oleh karena ukuran radiator kijang innova yang besar, air pendingin mesin terus bersirkulasi dari mesin ke radiator ditambah kipas radiator yang berputar secara terus-menerus saat mesin hidup (kijang innova menggunakan visco fan radiator), tentu saja ini berbeda dengan Toyota Avanza atau Xenia yang menggunakan fan elektrik.

Silakan lihat juga Masalah jika thermostat mesin avanza/xenia dilepas.

Kekurangan Thermostat Mesin Kijang Innova Di Lepas

Pertama, kelemahan atau kekurangan jika thermostat mesin dilepas adalah temperatur kerja mesin tidak pernah tercapai. Ini seperti pengakuan dari yang memakai kendaraan, ketika di pakai jalan jauh pun, suhu mesin tidak pernah sampai setengah.

Berapa Suhu Mesin Yang Normal Saat Mesin Hidup?

Temperatur kerja mesin atau suhu kerja mesin normal antara 85 hingga sekitar 96 atau 97 derajat celsius. Pada kijang innova bensin suhu tersebut ditunjukan oleh jarum suhu mesin pada posisi tengah-tengah antar huruf C (cool) dan H (hot).

Nilai 85 derajat celsius biasanya terjadi saat ac mobil dinyalakan, karena radiator mendapat bantuan pendinginan saat fan radiator dan extra fan berputar ketika ac hidup.

Sedangkan nilai 96 atau 97 derajat celsius diambil ketika fan radiator berputar pada suhu tersebut tanpa ac nyala, ini untuk mobil dengan fan elektrik sebagai contohnya.

Kedua, kekurangan jika thermostat mesin innova dilepas adalah akibat suhu mesin tidak bisa naik (suhu mesin selalu dingin) mengakibatkan rpm mesin juga selalu tinggi, karena kondisi tersebut dianggap pemanasan mesin (warming up).

Dan tentu saja dampaknya jika rpm idle mesin tinggi akan berhubungan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak (boros bbm).

Letak dan Posisi Thermostat Mesin Kijang Innova Bensin

Posisi dan letak termostat mesin kijang innova bensin mesin 1tr-fe berada di bawah pompa power steering di dalam rumah thermostat diujung slang radiator. Berikut gambar letak thermostat pada mesin kijang innova bensin 1tr-fe.
Posisi thermostat mesin innova bensin
Gambar diatas adalah ciri-ciri lain jika thermostat mesin tidak dipasang, ketika mesin masih dingin dan slang radiator pada rumah thermostat dibuka, maka air dari mesin mengalir deras keluar.

Cara Mudah Bongkar Pasang Thermostat Kijang Innova

Untuk memudahkan ketika akan ganti thermostat, pasang thermostat atau bongkar thermostat adalah dengan cara membuka intake manifold seperti gambar dibawah ini.
letak thermostat mesin kijang innova
Dengan membuka intake manifold akan memudahkan dalam melepas salah satu mur pengencang rumah thermostat yang bagian bawah, karena posisi mur tersebut terlalu sempit.

Harga Thermostat Kijang Innova Bensin

Harga thermostat mesin untuk kijang innova bensin relatif murah, harga sekitar 300 hingga 500 ribuan dan banyak yang jual.

Kesimpulan:

Melepas thermostat kijang innova bensin atau thermostat mesin tidak dipasang menyebabkan

1. Suhu mesin yang selalu dingin(temperatur kerja mesin sulit tercapai)

2. Rpm mesin saat idle terlalu tinggi dan tidak bisa turun dibawah 900 rpm

3. Bbm boros

Berhubungan dengan thermostat mesin mobil, silakan baca juga:

Cara Kerja dan Kegunaan thermostat mesin

Cara Mengecek Kerusakan Thermostat

You might also like

error: