Toyota Hilux Diesel 2KDFTV Mesin Tidak Bisa Hidup


Otomotifmobil.com – Mesin diesel tidak bisa hidup pada toyota hilux 2kdftv commonrail ini berdasarkan cerita yang didapat adalah mesin tiba-tiba mati, kemudian distarter ulang mesin tidak bisa hidup, setelah didorong mesin hidup akan tetapi mesin tidak bisa digas.

Kemudian mobil jalan pelan-pelan hingga sampai dirumah, sesampainya dirumah dicoba starter sampai aki soak mesin tidak bisa hidup, kemudian di dorong lagi mesin sudah tidak bisa hidup, karena aki soak kemudian aki dicas, setelah selesai cas coba starter lagi mesinpun masih tidak bisa hidup akhirnya dibawa ke bengkel.

Sesampainya di bengkel, dilakukan pemeriksaan trouble code menggunakan diagnosa atau scanner tidak terdapat trouble code, ini wajar karena aki sudah sempat dilepas untuk di cas sehingga trouble kode ikut terhapus.
toyota hilux 2kdftv
Tanpa mengetahui dtc yang ada karena dtc sudah terhapus atau ecu sudah ter-reset karena aki dilepas, bagaimana cara memunculkan dtc (kode trouble) yang membuat mesin hilux commonrail tersebut bisa muncul kembali?

Ketika mesin distarter dan melihat datastream yang muncul terutama pada menu common rail, terlihat pada bagian fuel pressure, tekanan bahan bakar pada common rail tidak bergerak naik, tetap berada di sekitar 340 sampai 690 kpa dan saat starter engine speed terlihat bergerak naik di sekitar 150 rpm dan mesin masih belum bisa hidup.

Bagaimana cara menghidupkan mobil diesel yang tidak bisa hidup seperti ini? dengan cara memasukan sedikit bensin ke dalam intake manifold setelah intercooler melalui lubang dengan cara membuka intake air temperature sensor (IAT sensor),setelah bensin dimasukan sedikit untuk bantu start awal, pasang kembali sensor IAT ke tempatnya. Ketika mesin distarter mesin bisa hidup, dan coba naikan rpm sampai 2000 rpm mesin terlihat normal, tidak lama kemudian sekitar satu menit mesin hidup, lampu check engine menyala dan setelah itu mesin mati kembali.

Mesin mati mendadak setelah satu menit hidup tersebut karena mesin masuk ke fail safe mode. Karena indikator check engine menyala pasti akan diketahui trouble code atau dtc yang membuat mesin toyota hilux tidak bisa hidup tersebut.
dtc p0093 fuel system leak detected large leak
Dengan alat diagnosa atau scanner terlihat trouble code yang menyebabkan mesin mati mendadak dan tidak bisa hidup tersebut dan dtc nya adalah P0093.

Arti dtc P0093 adalah Fuel System Leak Detected – Large Leak artinya ecu mobil mendeteksi adanya kebocoran besar pada sistem bahan bakar commonrail. Untuk pembahasan DTC P0093 atau kebocoran pada sistem bahan bakar diesel commonrail akan ditulis terpisah, semoga bermanfaat.


error: