Toyota Avanza 2005 RPM Tidak Normal

Otomotifmobil.com – Berikut adalah pengalaman saya bagaimana cara mengatasi rpm naik turun tidak normal pada toyota avanza tahun 2005 dan lampu check engine menyala.

Seperti biasanya hal penting yang saya tanyakan sebelum mengerjakan kendaraan adalah pengerjaan apa sebelumnya sehingga rpm toyota avanza 2005 ini tidak normal dan lampu check engine menyala.

Setelah itu saya coba colokan alat scanner ke soket obd2 yang terletak disebelah kiri atas pedal kopling, scanner yang saya bawa tidak bisa masuk dan membaca ecu avanza 2005 atau avanza non vvt-i.

Karena itu saya menggunakan metode alternatif dengan menjumper terminal 4 dan 12 pada soket obd dan kemudian membaca kedipan lampu check engine ketika kunci kontak di-ON-kan. Silakan lihat gambarnya DISINI.

Dan kode kedipan yang terbaca adalah kode 51 kode 71 serta kode 29, berikut arti kode-kode kedipan tersebut:
Kode 51 Masalah pada Switch Ac atau ECU
Kode 71 IAC (Intake Air Control / ISC) atau ECU
Dan Kode 29 Masalah Pada Oksigen Sensor atau ECU (catatan : avanza 2005 non vvt-i tidak memakai oksigen sensor)

Ketiga kode error pada toyota avanza 2005 non vvt-i tersebut diatas sebenarnya disebabkan oleh kesalahan pemakaian busi yaitu tidak menggunakan busi yang ada resistantnya atau tidak memakai busi yang ada kode R nya. Untuk kesalahan pemakaian busi pada toyota avanza non vvt-i sudah saya tulis juga, silakan lihat DISINI.

foto mesin avanza 2005
Gambar mesin avanza 2005 non vvt-i, isc dan koil

Toyota avanza 2005 non vvt-i menggunakan satu koil untuk dua busi, jika memakai busi yang tidak terdapat kode R maka akan menyebabkan masalah pada mesin seperti mesin nyendat saat jalan, rpm tidak normal dan rpm tinngi diatas 1000 saat idle.

Setelah busi diganti dengan busi yang memiliki kode huruf R (K20PR-U) mesin pun normal kembali. Semoga berguna.

error: