Mobil Soluna Mogok Akibat Salah Pasang Aki

Otomotifmobil.com – Mobil soluna mogok tidak bisa distarter atau ketika kunci kontak posisi starter tidak terdengar suara dinamo starter berputar.

Selain mobil soluna ini mogok dan tidak bisa distarter, saat kunci kontak On, pada panel spidometer juga tidak ada terlihat indikator menyala layaknya kunci kontak sedang On.

Kemungkinan besar mobil mogok pada toyota soluna ini disebabkan oleh sekring putus atau suplai listrik ke kunci kontak dari aki tidak ada.

Setelah periksa box sekring soluna di ruang mesin terdapat salah satu sekring putus, sekring ALT 100 Ampere putus.

Setelah saya tanyakan kejadian apa sebelumnya yang membuat mobil ini mogok kepada pemilik kendaraan. Ternyata penyebabnya adalah karena sempat salah pasang aki atau terbalik pasang aki sehingga sekring ALT 100 ampere ini putus.

box sekring soluna
Box sekring soluna di ruang mesin

Cara ganti sekring ALT 100Ampere pada toyota soluna adalah dengan membuka box bawah sekring, karena sekring ALT 100 ampere pada soluna dibaut menggunakan baut 10 mm dan 8 mm, siakan lihat gambar dibawah.
sambungan kabel di bawah box sekring soluna
Gambar baut pemegang sekring dibawah box sekring soluna

Setelah sekring diganti, saat kunci kontak ON, dipanel speedometer terlihat beberapa indikator yang sebelumnya mati sudah menyala kembali dan starter mesin pun normal, mesin hidup normal pula.

Demikian semoga bermanfaat, itu adalah salah satu penyebab mobil soluna mogok tidak bisa starter karena sekring ALT 100 Ampere putus akibat terbalik pasang terminal aki, hati-hati saat pasang aki, selalu perhatikan kutub positif dan negatif aki, untungnya akibat salah pasang kutub aki dan sekring ALT 100 Ampere putus tersebut tidak merusak komponen kelistrikan lain pada mobil.

error: