Ac Tidak Dingin Dan Tidak Keluar Air

Otomotifmobil.com – Artikel teknik otomotifmobil kali ini masalah ac tidak dingin dan tidak keluar air karena sistem ac tersumbat atau sisrkulasi freon pada sistem ac mobil tersumbat.

Ac tidak dingin atau ac kurang dingin banyak penyebabnya dan memang biasanya jika ac tidak dingin maka tidak keluar air baik dari saluran buang air ac atau tidak keluar air dari pipa ac (kondensasi), dan tidak ada salahnya silakan kunjungi beberapa penyebab ac tidak dingin pada mobil.

Secara umum, untuk ac tidak dingin dan tidak keluar air bisa dikelompokan menjadi dua masalah yang berbeda,
Pertama, ac tidak keluar air bisa disebabkan oleh karena memang acnya tidak dingin sehingga tidak terjadi kondensasi dengan udara yang ada disekitar pipa ac (contoh es didalam gelas maka diluar gelas akan terbentuk titik-titik air), dan

Penyebab kedua adalah jika pada pipa ac keluar air atau pipa ac berembun, tetapi pada saluran buang air kondensasi yang biasanya terlihat air menetes dari kolong mobil tidak mengeluarkan air, hal ini disebabkan oleh saluran air kondensasi tersumbat atau permukaan evaporator penuh dengan kotoran. Silakan lihat Masalah Saluran Buang Air Ac.

Untuk kali ini saya akan menulis masalah ac tidak dingin pada vios limo 2007 yang disebabkan karena filter drier kotor dan filter freon yang berada dibawah filter drier tersumbat akibat kotoran dan keausan kompresor ac.

filter drier dan kondensor ac mobil vios limo 2007
Gambar 1. Gambar filter drier, tutup filter drier dan kondensor ac

Gambar diatas adalah kondisi filter drier yang sudah kotor dan saringan dari plastik (tutup filter drier) yang berada dibawah filter drier tersumbat oleh kotoran.

Dampak dari tersumbatnya sistem ac pada filter drier tersebut (gambar 1) adalah selain ac tidak dingin, lebih spesifik menyebabkan pipa tekanan tinggi setelah filter drier yang menuju ekspansi valve menjadi dingin atau terlihat ber-air karena terjadi kondensasi pada bagian luar pipa tersebut. Seharusnya pada pipa tekanan tinggi tersebut (lihat gambar dibawah) terasa panas ketika dipegang.

pipa ac tekana tinggi vios limo 2007
Pipa ac tekanan tinggi setelah kondensor menuju katup ekspansi

Hal diatas terjadi karena terjadi pengabutan freon akibat saluran menyempit karena sumbatan dari kotoran dan saluran yang menyempit tersebut bekerja seperti halnya expansi valve. Silakan lihat fungsi ekspansi valve pada ac mobil.

Dari kondisi filter drier dan tutup filter drier dibawah filter drier yang kotor tersebut, maka harus mengganti filter drier dan membersihkan filter yang menjadi satu dengan tutup filter drier.

Jika pada filter drier terlihat logam-logam kecil, perlu diperiksa kondisi kompresor ac, karena gram-gram kecil atau butiran logam kecil yang menempel pada filter drier adalah butiran logam akibat keausan dari kompresor ac. Semoga berguna.

error: