Mesin Panas Kalau Tidak Pakai Ac Mobil

Otomotifmobil.com – Penyebab dan tips analisa serta tips dan cara mengatasi mesin cepat panas kalau ac tidak nyala atau mesin panas kalau ac mobil tidak hidup.

Pada beberapa masalah mesin panas atau overheat jika ac tidak nyala ini adalah akibat kerusakan pada ecu atau engine control unit. Silakan lihat juga penyebab mesin mobil cepat panas saat ac hidup.

Contoh masalah yang pernah saya jumpai dan tulis pada artikel ini adalah pada toyota yaris dan vios limo tahun 2007 serta mobil hyundai verna.

Kenapa bisa terjadi mesin panas (overheat) saat ac tidak dihidupkan? Mesin panas saat ac tidak dihidupkan ini karena ketika temperatur mesin sudah mencapai temperatur kerja mesin sekitar 96 derajat celsius kipas radiator tidak berputar.

Tetapi ketika ac menyala atau ac mobil dihidupkan fan radiator berputar dengan normal, baik itu yang low speed atau pun high speed. Silakan lihat Fan Radiator Dua Speed.

Hal diatas karena berputarnya fan radiator di atur oleh dua kontrol berbeda, pertama oleh sistem ac mobil kedua oleh temperatur mesin dan ecu.

Cara cepat menganalisanya pun cukup mudah yaitu dengan melepas soket sensor suhu mesin atau engine coolant temperatur sensor.

Untuk hyundai verna ketika soket sensor dicabut ketika mesin berputar seharusnya fan radiator high speed bekerja.

Mesin hyundai verna
Posisi sensor suhu mesin pada hyundai verna

Sedangkan untuk vios limo 2007 atau yaris ketika kunci kontak ON dan soket sensor temperatur mesin dilepas harusnya fan radiator high speed berputar.
mesin vios limo yaris 1nzfe
Sensor temperatur mesin vios limo 2007 atau yaris

Pada contoh mobil yang saya sebutkan diatas, jika soket ect atau soket sensor temperatur mesin dilepas, jika fan radiator tidak berputar kemungkinan besar ecu mengalami kerusakan, meskipun tidak menutup kemungkinan relay fan radiator rusak, sekring radiator putus atau yang lainnya. Tetapi cara menganalisa juga harus jeli, kalau misalkan sekring fan radiator putus tentu saja saat ac hidup fan radiator tidak akan berputar tentunya.

Jadi perlu dipastikan terlebih dahulu kalau relay dan suplai listrik ke fan radiator berfungsi dengan baik.

Atau jika menggunakan alat diagnosa mesin (alat scanner mobil) bisa masuk ke menu aktuator test untuk menyalakan fan radiator dari scanner tersebut.

Masalah mesin panas saat ac tidak nyala diatas diketahui oleh yang bawa kendaraan dan dipakai tanpa menyalakan ac mobil.

Tips sementara sebelum ganti ecu agar tidak terjadi overheat mesin adalah dengan pastikan bahwa kipas radiator hidup berputar saat ac di nyalakan atau selalu menyalakan ac mobil setiap hidupkan mesin. Tetapi ingat harus ganti ecu yang rusak tersebut, karena jika kendaraan dipakai oleh orang lain kemungkinan mesin overheat akan semakin besar kalau yang bawa kendaraan tidak faham.

Letak atau posisi ecu vios limo 2007 atau yaris dan hyundai verna, posisi ecu toyota vios limo tahun 2007 berada diruang mesin dibelakang aki sedangkan letak ecu hyundai verna berada di dekat stering column dibawah dashboard. Semoga bermanfaat.

error: