Memperbaiki Penyebab Aki Soak Daihatsu Gran Max

Otomotifmobil.com – Aki soak artinya adalah aki lemah, aki lemah ketika dipakai untuk starter mobil, aki cepat soak banyak faktor penyebabnya, mulai dari umur aki, beban pemakaian serta kurang pemeliharaan.

Pada artikel ini saya akan menulis penyebab aki soak atau aki lemah ketika dipakai starter pada pagi hari atau setelah mobil lama parkir yang disebabkan oleh arus listrik bocor atau listrik dari aki terpakai terus meskipun kunci kontak pada posisi Off.

Beberapa hari lalu saya memperbaiki masalah aki tekor terus setiap pagi padahal aki baru pada mobil daihatsu gran max pick up.

Letak atau posisi aki daihatsu gran max
Gambar1. Letak atau Posisi aki Daihatsu Gran Max

Penyebab masalah aki tekor terus ini adalah karena kekeliruan pada pengerjaan sebelumnya. Dan pengukuran yang terdapat pada gambar 1 di atas dilakukan saat kunci kontak OFF, terdapat voltage 12 volt pada soket alternator, sehingga menyebabkan alternator bermagnet saat kunci kontak OFF.

Kesalahan tersebut adalah karena menjumper kabel pada relay engine dan relay pompa bensin pada gran max ini, silakan lihat kabel jumper yang tidak seharusnya berada disana.

Relay efi dan pompa bensin gran max
Gambar 2. Letak Relay Engine dan Relay Pompa Bensin Daihatsu Gran Max

Hal ini pun saya ketahui setelah mengurut jalur jalur kabel, tanda-tanda awal penyebab aki tekor terus (aki soak) ini adalah karena alternator bermagnet saat kunci kontak OFF (lihat cara cek dinamo isi). Artinya arus listrik terus mengalir ke gulungan rotor pada alternator (lihat komponen dinamo isi).

Pada alternator gran max injeksi, terdapat dua buah kabel pada soket alternator dan salah satunya adalah kontrol untuk alternator dan berasal dari ecu dengan kabel berwarna hijau muda.

Ecu Daihatsu Gran Max
Gambar 3. Ecu Daihatsu Gran Max

Silakan lihat gambar 3 di atas, kabel warna hijau pada soket dinamo isi berasal dari dalam ecu dari transistor pada titik A kemudian ke Resistor titik B langsung ke Alternator kabel warna hijau muda.

Kabel kontrol terminal F tersebut terdapat 12 volt berasal dari ECU saat kunci kontak sedang OFF yang menyebabkan arus listrik mengalir terus ke rotor alternator saat kunci kontak OFF dan menyebabkan aki soak dan selalu tekor.

Bukan saja dinamo isi (alternator) yang menjadi bermagnet saat kunci kontak OFF, tetapi isc juga bergerak-gerak saat off kunci kontak dan ini diketahui ketika klem aki positif negatif terpasang saat kunci kontak masih dalam kondisi OFF, intinya kejadian ini seperti kunci kontak pada posisi ON tetapi kondisi aktual sedang OFF.

Akhir cerita, kesalahan pengerjaan sebelumnya yang menjadi penyebab aki soak karena ada arus listrik ke isc dan kontrol ke alternator saat kunci kontak off adalah karena menjumper kaki 30 relay engine dengan kaki 30 relay fuel pump.

soket relay pompa bensin dan engine daihatsu gran max
Gambar 4. Soket relay atau tempat relay engine dan relay pompa bensin daihatsu gran max pick up

Silakan lihat kembali jumper pada Gambar 2 dan sekarang akan saya bahas mengenai gambar 4, yang menjelaskan jika menjumper kabel seperti gambar 2, adapun keterangan pada gambar 4 adalah:
1. Kaki C adalah standby 12 volt dari sekring EFI di fuse box.
2. Kaki D adalah Output relay engine, menuju kaki A dan Ecu.
3. Kaki A adalah Input 12 volt untuk pompa bensin dan
4. Kaki B adalah out put relay pompa bensin menuju pompa bensin di dalam tangki bensin.

Kaki A dan D terhubung menjadi satu, jadi kalau dijumper pada kaki C dan A, maka secara otomatis pada kaki D mendapat voltage langsung tanpa On kunci kontak.

Catatan : pemberian nama pada kaki atau terminal relay di atas adalah untuk permudah penjelasan.

Atau dengan kata lain, dengan menjumper relay seperti diatas maka ecu secara otomatis mendapatkan suplai tegangan dari sekring efi melalui kaki out put relay engine (terminal/kaki D) saat kunci kontak masih off.

Dampaknya adalah aki selalu lemah atau habis setrum atau tekor setiap pagi dan mobil selalu tidak bisa distarter setelah dimatikan beberapa jam. Semoga berguna.

You might also like

error: