Lampu Check Engine Menyala Speedometer Tidak Jalan Pada Suzuki Carry 1.5

Otomotifmobil.com – Lampu indikator injeksi atau lampu check engine pada suzuki carry 1.5 menyala terus saat mesin hidup dan disertai jarum speedometer tidak jalan sewaktu mobil melaju.

Lampu check engine menyala terus kali ini terjadi pada suzuki carry 1.5 injeksi supercargo tahun 2012, dan berikut tips dan cara untuk mengatasi lampu check engine menyala disertai jarum spidometer tidak bergerak.

Lampu check engine suzuki carry 1.5
Lampu check engine suzuki carry injeksi 1.5

Masalah mobil suzuki carry 1.5 ini disebabkan oleh tidak adanya input dari sensor kecepatan kendaraan, yang kemungkinan disebabkan oleh kabel sling spidometer terlepas dari transmisi atau pun kabel spido tersebut putus. Yang kemudian dideteksi oleh ecu atau komputer mobil dengan DTC P0500 artinya VSS A Range/perf prob, VSS = Vehicle Speed Sensor.
Kabel speedometer carry injeksi 1.5
Kabel speedometer suzuki carry 1.5 terlepas

Seperti contoh yang terjadi ini karena kabel seling yang menghubungkan transmisi dengan panel spidometer terlepas. Kalau melihat kondisi baut kancingan masih tertancap dengan baik, kemungkinan penyebabnya adalah kawat atau kabel spido tersebut tertarik dan terlepas.

Cara mengatasi masalah lampu injeksi pada suzuki carry 1.5 menyala disertai dengan speedometer tidak jalan adalah perbaiki kabel spido dan pastikan bahwa ketika mobil melaju jarum speedometer ikut jalan.

Setelah jarum spidometer sudah bisa jalan, sekarang saatnya untuk mematikan lampu indikator check engine carry 1.5 injeksi yang masih menyala tersebut dengan cara melepas klem aki negatif untuk beberapa saat lamanya, kira kira lepas klem aki sekitar 1 menit atau lebih kemudian pasang kembali. Semoga bermanfaat.

error: