Cara Menyetel Gas Mobil Avanza atau Xenia

Otomotifmobil.com – Artikel cara menyetel gas mobil avanza atau xenia ini berisi tentang alasan kenapa gas perlu disetel, apa maksud menyetel gas mobil dan perlukah menyetel gas mobil pada avanza atau xenia?

Yang menjadi pertanyaan awal kenapa perlu menyetel gas mobil avanza atau xenia, tentu saja yang dimaksudkan disini adalah menyetel rpm idle. Mungkin diantara Anda menemukan rpm mobil avanza atau xenia terlalu tinggi atau terlalu rendah atau rpm naik turun tidak stabil, sehingga mencari cara bagaimana menyetel rpm mobil atau menyetel gas mobil avanza atau xenia.

Perlu diketahui bahwa pada avanza atau xenia atau pun yang all new, rpm mobil saat idle sudah diatur secara otomatis menggunakan komponen yang disebut sebagai ISC. Silakan lihat juga fungsi sensor injeksi avanza atau xenia.

ISC atau idle speed control valve pada avanza atau xenia dikontrol oleh ecm atau ecu atau bahasa awamnya komputer mobil. Jadi secara otomatis tidak lagi diperlukan penyetelan gas (rpm idle). Silakan baca juga artikel mesin mati saat gas diepas atau artikel mesin mati jika ac mobil dihidupkan.

Throttle body avanza xenia toyota rush dan terios
Gambar 1.  Throttle Body Avanza Xenia

Kalau misalkan terjadi rpm idle tidak normal atau gas mobil tidak normal saat idle, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah isc macet oleh kerak karbon. Pada saat isc macet pada posisi terlalu maju menyebabkan rpm idle terlalu rendah (saluran udara saat idle terlalu sedikit) dan pada saat isc macet pada posisi mundur (salauran udara saat idle terbuka terlalu lebar) akan menyebabkan rpm idle terlalu tinggi.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan rpm idle mesin avanza xenia tidak normal adalah karena terjadi masalah pada mesin, seperti contoh silakan lihat Dampak Timing Tidak Tepat Karena Kerusakan Pada OCV.

Sedangkan pada throttle body avanza/xenia terdapat baut baut penyetelan itu fungsinya untuk apa? silakan perhatikan gambar 1 diatas.

Pada throttle body terdapat baut kecil dengan mur 8mm tersebut adalah berfungsi untuk mengatur katup gas agar pada saat tertutup penuh, katup gas berada diposisi yang pas agar ketika pedal gas diinjak tidak terasa ada yang nyangkut dan ketika melepas pedal gas katup gas tertahan oleh baut setelan tersebut.

foto throttle body avanza xenia
Gambar 2. Bentuk fisik throttle body avanza xenia

Sedangkan 2 buah mur 12 mm pada kabel gas (tali gas) itu berfungsi untuk mengatur kekencangan kabel gas atau menyetel kekencangan tali gas.

Pada beberapa kasus memang tidak jarang saya temui kalau gas (rpm idle) pada avanza xenia bisa dibesarkan dan di kecilkan menggunakan baut setelan katup gas (lihat gambar 1). Tetapi hal ini akan berdampak pada rpm idle dan konsumsi bbm karena diujung lain katup gas tersebut terdapat TPS (Throttle Posisi Sensor).

Kesimpulan:
1. Gas mobil avanza atau xenia (rpm idle) sudah diatur oleh ISC yang dikontrol oleh ECU

2. Penyetelan katup gas dengan baut bisa dilakukan sementara jika terjadi rpm terlalu rendah karena isc atau sitem isc tidak bekerja. Kenapa demikian karena jika ISC bekerja normal dan baut pendorong katup gas diputar maju (searah jarum jam) mendorong katup gas, maka akan menyebabkan rpm idle mesin lebih tinggi.

Semoga bermanfaat untuk pengunjung yang mencari artikel cara menyetel gas mobil avanza atau xenia.

error: