Bagaimana Cara Memperbaiki Koil Mobil Rusak?

Otomotifmobil.com – Pada beberapa masalah koil mobil rusak yang pernah saya temui ada beberapa cara memperbaiki koil mobil rusak tersebut.

Dan ini tentu saja tergantung dari kerusakan koil tersebut apakah koil bocor atau pun api koil kecil dan tidak ada api di busi. Sekali lagi ini tergantung kerusakan koil.

koil-mobil-suzuki-sx4-x-over-atau-suzuki-swift
Gambar 1. Koil Pada Suzuki sx-4 atau Suzuki Swift

Untuk koil yang sudah mati atau sama sekali tidak mengeluarkan api di busi harus mengganti koil tersebut dan koil tidak bisa diperbaiki.

Yang sering kali terjadi kerusakan pada koil mobil adalah karena kabel busi putus atau koil bocor sehingga bunga api tidak ada di busi, api koil kecil dan koil mati atau pun koil mati saat mesin sudah panas. Cara mudah mengatasi koil rusak saat panas, bisa dengan cara mengompress koil menggunakan lap basah, ini adalah penanganan sementara, tetapi harus ganti koil.

Cara memperbaiki koil mobil rusak karena listrik bocor adalah dengan cara mencari penyebab kebocoran koil tersebut, contoh mobil dengan distributor atau mobil bensin dengan sistem karburator yang memiliki kabel busi panjang, jika terdapat kabel busi putus bisa menyebabkan api loncat dari koil menuju body koil. Hal tersebut karena listrik tegangan tinggi dari koil akan mencari jalan singkat ke massa atau ke ground.

Kerusakan koil seperti diatas akan terlihat bunga api dari koil ketika saat pengapian terjadi pada kabel busi yang putus tersebut. Contoh jika kabel busi silinder satu putus, ketika pengapian busi sedang terjadi pada silinder 1 maka pada saat tersebut akan terlihat loncatan bunga api dari koil menuju body coil.

koil-suzuki-swift-rusak-karena-bocor
Gambar 2. Koil Suzuki Swift Bocor

Cara memperbaiki koil mobil rusak pada sistem pengapian langsung jika terjadi kebocoran listrik tegangan tinggi (contoh gambar 2), masih bisa dilakukan dengan cara menutup bagian yang bocor dengan isolasi berupa lem yang cukup kuat yang berfungsi sebagai isolasi seperti contoh lem besi atau plastic steel sehingga menghalangi api (listrik tegangan tinggi koil) melompat dari koil atau dengan cara mengganti kabel koilnya. Ini pun juga tergantung tingkat kerusakan, jika kerusakan seperti terlihat pada gambar 3, maka harus ganti koil atau bisa ganti cup (kabel busi)nya.

koil-nissan-livina-rusak
Gambar 3. Koil Nissan Livina Rusak atau Bocor Pada Bagian Kabel Busi

Cara memperbaiki koil mobil rusak karena tidak keluar api di busi, pada beberapa kasus terjadi karena kontak penghubung antara koil dengan kabel busi terdapat kerak yang menghalangi aliran listrik koil menuju busi sehingga api tidak keluar pada busi. Untuk hal ini silakan lihat contohnya DISINI.
memperbaiki-koil-rusak-karena-bocor
Sebaiknya mengganti koil jika koil sudah rusak seperti contoh jika koil retak pada sistem pengapian langsung, contohnnya seperti koil pada kijang innova bensin, koil retak biasanya disebabkan karena terjadi overheat dan mesin dipaksa jalan atau koil sudah diganti dengan kualitas yang tidak baik. Hal ini karena celah yang terlalu sempit antara koil dengan dinding aluminium disekitar koil.

Contoh lain adalah bagaimana cara mengatasi koil rusak pada chevrolet zafira, jika salah satu koil ini mati maka harus mengganti 4 koil sekaligus, karena keempat koil chevrolet zafira menjadi satu-kesatuan yang tidak bisa dipisah. Semoga berguna.

You might also like

error: