Ac 123 Tidak Keluar Anginnya

Otomotifmobil.comAc 123 tidak keluar anginnya atau tidak ada anginnya sedangkan ketika saklar ac diputar ke nomer 4 angin ac di dashboard langsung keras, itu setidaknya kalimat yang saya terima dari telpon.
panel ac ford ranger
Masalah ac mobil tidak keluar anginya saat saklar ac(saklar blower) diputar pada posisi 1,2 dan 3 ini terjadi pada ford ranger 2011. Dan tentu saja penyebab tidak keluar angin pada blower kecepatan 1, 2 dan 3 adalah kerusakan pada resistor blower atau pada resistor blower terdapat bagian yang putus.

Letak resistor blower ford ranger berada di rumah blower dibawah dashboard sebelah kiri dibelakang laci, resistor blower dibaut menggunakan dua buah sekrup, resistor blower memiliki 4 buah kabel, berikut gambar letak resistor blower ford ranger.

posisi resistor blower ford ranger
Letak Resistor blower Ford Ranger dilihat dari bawah

Setelah resistor blower tersebut dibuka, akan terlihat sensor temperatur dan ukur menggunakan ohm meter atau avo meter pada titik A dan B (lihat gambar dibawah), pada masalah ini terjadi karena sensor temperatur pada resistor blower tersebut putus. Sehingga menyebabkan arus listrik terhenti tidak mengalir ke saklar blower pada panel ac.
Resistor blower ford ranger
Gambar resistor blower ford ranger

Cara mengatasi resistor blower tersebut agar berfungsi kembali dan agar ac 123 pada panel ac keluar angin dari dashboard adalah dengan mengganti sensor tersebut atau kalau masih ragu, coba jumper langsung sensor suhu tersebut pada kaki A dan B (lihat gambar diatas) menggunakan kabel dengan disolder, kemudian pasang kembali resistor blower tersebut ditempatnya, kemudian cek apakah blower ac putaran 1, 2 dan 3 keluar angin?

Jika memang ac 1 2 3 keluar anginnya setelah dijumper sensor suhu tersebut, tinggal ganti sensor suhu atau belikan resistor blower baru, semoga bermanfaat.

error: