Masalah Matic atau Persneling Mobil Matic Pajero Sport

Otomotifmobil.com – Cara mengatasi masalah matic mobil pajero sport 2011 dengan model KG4WGRPZR dengan keluhan ketika persneling masuk gigi D, indikator D di panel instrument terkadang hilang atau tidak muncul.

Indikator D (Drive) tidak terlihat di panel spido menyebabkan pajero sport tidak bisa jalan, terkadang mogok di lampu merah, dan tentu saja yang membahayakan adalah ketika menyalip kendaraan tiba-tiba mobil tidak bisa melaju.
gambar tuas persneleng matic pajero sport
Ketika persneling pajero sport masuk posisi D dan indikator D dipanel speedo tidak terlihat, saat persneling matic menggunakan mode manual, yang terbaca di panel spido adalah huruf N atau posisi netral sehingga kendaraan tidak bisa bergerak melaju kedepan meskipun menggunakan mode manual.

Apa sebenarnya penyebab kerusakan transmisi matic pada pajero sport ini? Dan tips sementara sebelum ganti spare part transmisi matic yang bermasalah tersebut.

Penyebab masalah transmisi matic pajero sport dengan deskripsi seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah masalah pada switch inhibitor, silakan lihat gambar letak switch inhibitor matic pada pajero sport dibawah ini.

switch inhibitor matic pajero sport
Gambar inhibitor switch mitsubishi pajero sport

Berikut adalah tips sementara cara mengatasi jika indikator D tidak keluar pada panel spidometer pajero sport yaitu ketika tongkat persneleng berada di posisi D kemudian dorong sedikit kedepan tongkat persneleng sehingga huruf D Muncul, itu contoh pada kasus yang saya temui.

Dengan cara mendorong kedepan sedikit tongkat persneleng pada posisi D, masalah pun teratasi sementara, kendaraan dibawa perjalanan jauh pun tidak akan mengalami masalah.

Karena switch inhibitor yang bermasalah, maka perlu diganti switch inhibitor tersebut, posisi switch inhibitor cukup mudah dijangkau karena berada di luar transmisi.

Untuk mengetahui penyebab kerusakan dan cara memperbaiki switch inhibitor pada pajero sport matic, akan saya tulis terpisah, silakan ditunggu saja. Semoga berguna.

Update : Cara memperbaiki inhibitor switch pajero sport matic sudah saya tulis, silakan lihat DISINI.

You might also like

error: