Penyebab Busi Hitam Pada Mobil BMW 318i

Otomotifmobil.com – Sebelum dijelaskan lebih spesifik apa penyebab busi hitam pada mobil bmw 318i, yang berhubungan dengan tulisan sebelumnya yaitu mesin BMW 318i tidak bisa hidup saat distarter.

Berikut ini adalah beberapa penyebab busi hitam pada mobil:
1. Busi hitam karena proses pembakaran mesin tak sempurna.
2. Koil Bocor
3. Kabel Busi Bocor
4. Kompresi Mesin Bocor, lihat cara cek kompresi mesin.
5. Air flow meter rusak atau bermasalah sehingga menyebabkan campuran udara bahan bakar tidak ideal.

Silakan lihat juga contoh lain penyebab busi hitam DISINI.

Kembali membahas masalah busi hitam pada bmw 318i yang gambarya ada di artikel gambar busi hitam, masalah tersebut disebabkan oleh mass air flow yang terletak di saluran udara masuk.

Mass air flow tersebut macet saat setelah mesin digas dengan kondisi terus terbuka, yang mana seharusnya buka tutup air flow tersebut seiring dengan besar kecilnya katup gas terbuka atau tergantung tingkat kevacuuman mesin.
Mass airflow bmw 318i
Air flow macet saat pedal gas dibuka penuh dan tidak bisa kembali lagi ini disebabkan oleh aluminium yang keropos sehingga pada kedudukan tertentu plat tidak bisa kembali atau tidak bisa bergerak bebas sesuai tingkat kevacuuman mesin.
bagian dalam airflow bmw 318i
Dampak air flow rusak pada kondisi diatas tersebut adalah ECU/ECM/DME mendapatkan signal kalau udara yang masuk ke mesin sedang banyak, meskipun katup gas terbuka sedikit, DME/ECM akan mensuplai bahan bakar lebih banyak, sehingga bahan bakar tidak terbakar semua dan akibatnya adalah mesin mrebet saat digas serta knalpot bau bensin.

Dan cara mengatasi masalah diatas adalah dengan mengamplas pada bagian aluminium yang keropos sehingga tidak terjadi gesekan lagi dengan tutup bawah mass air flow. Semoga berguna.

You might also like

error: