Cara Mengisi Dan Menguras Air Radiator Daihatsu Gran Max

Otomotifmobil.com – Tips dan cara menguras serta mengisi air radiator pada mobil Daihatsu Gran Max Dohc Dli, baik gran max pick up atau pun gran max station. Pada kendaraan tertentu, ini tergantung konstuksi mesin dan saluran sistem pendingin, jika cara mengisi air radiator mobil tidak benar bisa mengakibatkan temperatur mesin mobil naik atau overheat.

Berikut adalah langkah atau cara menguras dan mengisi air radiator pada mobil Daihatsu Gran Max
1. Pastikan mesin dalam kondisi dingin untuk menghindari terpecik air panas dari radiator.
Radiator daihatsu gran max dohc dli
2. Buka tutup tutup radiator, lihat cara membuka tutup radiator.

3. Siapkan tempat atau wadah untuk menampung air radiator, putar kran pembuangan air radiator yang berada dibagian bawah radiator secara pelan pelan sampai terlihat air keluar, tunggu sampai air radiator habis dan tidak keluar lagi, kemudian putar kran pembuangan air radiator searah jarum jam untuk menutup saluran tersebut.Kran pembuangan air radiator daihatsu gran max
4. Siapkan radiator coolant atau air radiator dan masukan air radiator sampai penuh, bisa sambil ditekan-tekan slang radiator bagian bawah agar tidak ada udara terjebak didalam sistem pendingin.

5. Buka jok depan kiri untuk membuang udara yang terjebak di saluran sistem pendingin mesin, gunakan kunci 10 mm untuk membuka saluran pembuangan udara, perhatikan sampai tidak terlihat gelembung udara keluar dari saluran bleeding udara, kemudian kencangkan kembali saluran pembuangan udara tersebut dengan kunci 10 mm.

saluran bleeding udara air radiator
Saluran pembuangan udara dari sistem pendingin mesin daihatsu gran max

6. Isi sampai penuh air radiator dan pasang tutup radiator.
Catatan: Tidak dianjurkan menghidupkan mesin dengan tutup radiator terbuka pada daihatsu gran max.

7. Isi juga tabung cadangan air radiator sampai batas maksimal.

8. Hidupkan mesin sampai temperatur kerja atau sampai kipas radiator berputar, kemudian matikan mesin dan tunggu mesin dingin.

9. Setelah mesin dingin, buka tutup radiator, periksa apakah air radiator perlu ditambah lagi?

10. Kalau perlu tambah air radiator, tambahkan hingga penuh dan kemudian pasang tutup radiator.

Berikut adalah Dampak Terdapat Udara pada Saluran Pendingin Mesin Daihatsu Gran Max
Akibat mengisi air radiator tidak benar pada daihatsu gran max atau karena terdapat udara didalam air radiator (radiator anginan) bisa menyebabkan temperatur mobil naik.

Selain temperatur mesin naik atau overheating, air radiator didalam mesin tidak bisa bersirkulasi ke radiator sehingga mesin panas(Indikator suhu mesin lebih dari setengah) dan radiator tetap dingin. Jadi kalau misalkan Anda menemui mesin panas tetapi radiator tetap dingin pada daihatsu gran max, ini adalah akibat terdapat udara yang terjebak di dalam sistem pendinginan mesin.

Semoga berguna tulisan Tips atau Cara Menguras dan Mengisi Air Radiator Mobil Daihatsu Gran Max di atas.

error: