Akibat Salah Pasang Relay Pada Mobil Chevrolet Spark

Otomotifmobil.com – Berikut adalah dampak salah pasang relay yang terjadi pada mobil chevrolet spark, kesalahan pemasangan relay itu adalah karena posisi nomor kaki relay yang tidak benar.

Biasanya hal ini terjadi ketika membeli relay mobil atau mengganti relay tidak diperhatikan posisi nomor-nomor atau angka-angka pada kaki relay.

Pada masalah mobil chevrolet spark kali ini terjadi karena relay yang terpasang untuk relay pompa bensin dan relay kipas radiator, urutan kaki relay nya tidak sama dengan relay aslinya.
Realay dan sekring chevrolet spark
Akibat salah pasang relay pompa bensin dan relay kipas radiator pada chevrolet spark adalah:
1. Mesin mobil mati tiba-tiba, saat ac mobil dinyalakan dan
2. Sekring ECU putus yang menyebabkan lampu check engine tidak menyala.

Mesin mobil hidup normal dan sekring ecu tidak putus jika mobil dijalankan tanpa menyalakan ac mobil, kenapa hal ini terjadi? penjelasannya ada di bagian bawah dan hal ini berhubungan dengan sistem kerja kipas radiator pada chevrolet spark.

Salah pasang relay yang dimaksud diatas adalah posisi kaki relay yang terpasang tidak sesuai dengan urut-urutan kaki relay asli atau relay bawaan kendaraan.

Urutan kaki relay yang benar atau relay asli bawaan kendaraan ini adalah kaki relay dengan angka 85 dan 86 berdekatan bukan yang berhadap-hadapan, silakan lihat angka kaki relay DISINI.

Setelah diurut jalur kabel dengan membuka isolasi kabel diketaui bahwa penyebab kenapa sekring ecu putus dan rumah sekring meleleh adalah karena sekring 10 ampere yang seharusnya untuk mensuplai ecu dan gulungan relay, sekring ecu tersebut terpakai untuk mensuplai arus listrik kecepatan tinggi kipas radiator saat ac hidup, ini akibat kaki relay yang salah.

Sehingga setiap kipas radiator kecepatan tinggi hidup saat ac dinyalakan, sekring ecu tersebut langsung putus.

Sistem Kerja Fan Radiator 2 Speed Pada Chevrolet Spark
Catatan: Kipas radiator chevrolet spark menggunakan 2 kecepatan, yang prinsip kerjanya berbeda dengan cara kerja kipas radiator 2 kecepatan pada kendaraan toyota seperti vios atau toyota yaris.

Cara kerja kipas radiator pada chevrolet spark
Kipas radiator kecepatan tinggi berputar saat ac hidup, dan kipas radiator kecepatan rendah berputar saat temperatur kerja mesin tercapai, kipas radiator high dan low speed ini dikontrol oleh dua buah relay yang berbeda.

Saat low speed ketika temperatur kerja mesin tercapai, relay fan radiator low speed bekerja dan pada output relay terdapat resistor untuk mengurangi arus listrik ke fan radiator.

Letak resistor pengatur kecepatan rendah (low speed) kipas radiator pada chevrolet spark berada di bawah box sekring atau dibelakang lampu depan kiri.

Kesimpulan:
Akibat atau dampak salah pasang relay atau pengaruh keliru mengganti relay mobil adalah
1. Kelistrikan mobil menjadi kacau
2. Sekring mobil sering putus terus
3. Kalau yang mengerjakan kurang teliti, bisa mengakibatkan kesalahan analisa pekerjaan.
4. Waktu pengerjaan yang lebih lama.

You might also like

error: