Suzuki Ertiga GL Lampu Check Engine Menyala dan Mesin Tidak Bisa Di Gas

Otomotifmobil.com – Keluhan suzuki ertiga GL tahun 2013 yang beberapa saat lalu saya tangani, yaitu lampu indikator check engine warna kuning menyala disertai mesin tidak bisa digas sampai penuh atau rpm saat digas penuh hanya sanggup mencapai 3400 rpm.

Dari informasi yang saya dapat, aki telah dilepas untuk mereset ecu atau menghapus kode error yang tersimpan, tetapi begitu dipasang aki kembali lampu check engine masih menyala saat mesin hidup dan rpm mesin masih tidak bisa lewat dari 3400 rpm.

Panel speedometer ertiga gl tahun 2013
Panel speedometer suzuki ertiga gl, lampu check engine menyala

Dari alat scan diketahui bahwa penyebab lampu check engine menyala pada suzuki ertiga gl tahun 2013 ini adalah DTC P2138 yang artinya Pedal Pos Sen Volt Correlation.
dtc p2138 mobil suzuki ertiga
DTC P2138 Mobil Suzuki Ertiga GL

Setelah Data trouble code tersebut dihapus menggunakan alat scan, lampu check engine pun mati dan rpm mesin normal kembali, ketika saya coba injak pedal gas, rpm mesin sudah tidak ditahan pada 3400 rpm, tetapi sudah sanggup hingga 5000 rpm.

Semoga info ini berguna, setidaknya untuk pemilik suzuki ertiga gl tentang apa yang menjadi faktor penyebab masalah ketika lampu check engine warna kuning di panel spidometer menyala saat mesin hidup disertai rpm mesin yang terbatas pada kisaran 3400 rpm dan tidak bisa naik lagi.

error: