Memperbaiki Honda Jazz RS 2010 Boros BBM

Otomotifmobil.com – Honda jazz rs 2010 boros bbm atau boros bensin setelah di tune up. Setidaknya itu adalah point keluhan dari pemilik mobil hond jazz rs 2010 ini yang merasakan mobilnya menjadi lebih boros bensin setelah mesin di tune up atau setelah diservice.

Karena mobil matic saya tanyakan lebih detail tentang rpm mesin saat mobil melaju, apakah terdengar suara mengaung saat jalan atau rpm terlalu tinggi tidak sebanding dengan kecepatan kendaraan?

Pemilik mobil menjawab, ” tidak mas saat melaju tidak terasa mesin ngaung dan rpm serta kecepatan seperti biasanya kok, hanya saja begitu pedal rem dilepas sewaktu mobil akan jalan, kendaraan bergerak terlalu cepat”.

Dari keterangan diatas ketika saya lihat dijarum rpm saat mesin sudah panas sewaktu mesin idle rpm mesin berada di kisaran 900 rpm dan ini saya rasa yang menjadi faktor penyebab keluhan bbm boros atau boros bensin tersebut.
rpm mesin honda jazz rs 2010
Saya tanyakan lagi satu hal kepada pemilik mobil, ” apa saja yang dikerjakan saat service kapan hari?”
Jawab pemilik kendaraan, “ganti oli mesin, tune up termasuk ganti busi dan bersihkan throttle body”.

Dari penjelasan diatas, ada satu langkah yang terlewati yang menjadi penyebab rpm mesin lebih tinggi saat mesin idle dan bbm boros, langkah tersebut adalah “throttle position learn”.

Throttle position learn honda jazz rs yang telah menggunakan etcs bisa dilakukan menggunakan alat scan untuk mobil Honda, berikut caranya:
1. Masuk Menu PGM-FI
2. Pilih Adjusment
3. Pilih Thottle Position Learn

Setelah throttle position learn dilakukan, ketika mesin dimatikan dan dinyalakan kembali, rpm bergerak turun sedikit dari sebelunya dan terbaca di 699 rpm atau 700 rpm.

Untuk lebih pasti cara mengetahui honda jazz rs irit atau boros bisa dilakukan dengan test konsumsi bbm, caranya pun cukup mudah, isi bbm di SPBU sampai full tank, catat kilometer ODO saat bbm full, pakai kendaraan sesuai aktifitas biasanya, kemudian saat mau isi bbm lagi catat kembali angka km Odometer dan berapa liter saat isi bbm sampai penuh.

Selisih kilometer antara isi bbm pertama dan kedua di bagi dengan berapa liter bbm saat isi yang kedua, itulah hasil konsumsi bbm.

Contoh perhitungan:
KM odometer saat isi full bbm pertama adalah 90.200
KM odometer saat isi full bbm kedua adalah 90.300
Isi bbm kedua adalah 8 liter.

Maka konsumsi bbm adalah 90.300 dikurangi 90.200 hasilnya adalah 100 km, dan 100 km dibagi dengan 8 liter, dan hasil konsumsi bbm adalah 12,5 km per liter bbm, ini adalah contohnya, semoga berguna.

error: