Modifikasi Menggunakan Thermostat Kawat Pada AC Mobil

Otomotifmobil.com – Modifikasi atau cara merubah thermistor ac menggunakan thermostat kawat atau cara ganti thermistor ac mobil dengan thermostat ac tipe kawat atau lebih dikenal sebagai thermostat kawat. Adapun harga thermostat kawat untuk ac mobil cukup murah dan bagus adalah sekitar 150 ribuan.

Artikel ini saya buat karena sering kali saya menemukan ac mobil yang menggunakan thermistor dirubah menjadi thermostat kawat. Yang terkadang akibat perubahan tersebut idle up ac tidak berfungsi meskipun kompresor ac On dan OFF nya normal.

Dan ini tergantung juga dari sistem ac pada kendaraan, tidak semua kendaraan bisa dirubah thermistornya menggunakan thermostat kawat, lebih baik dicari terlebih dahulu apa penyebab kompresor tidak mau hidup tersebut, apakah karena masalah pada ecu atau yang lain.

Mengganti Thermostat Kawat Pada Toyota RAV 4

Termostat kawat ac mobil
Gambar bagian-bagian thermostat kawat ac mobil

Berikut adalah Tips modifikasi pada ac amplifier toyota rav 4 bermesin 3s-fe yang menggunakan ac tipe manual, agar idle up tetap berfungsi dengan baik. Silakan lihat Artikel tentang Idle Up ac mobil.

Tips Modifikasi AC Amplifier Toyota RAV 4

Masalah ac mobil toyota RAV4 kali ini terjadi karena kompresor ac hidup hanya sesaat kemudian kompresor ac dan fungsi extra fan tidak bekerja, disertai lampu led indikator pada tombol Ac kedip-kedip.

Ac amplifier RAV 4 dengan kode part 88650-42010 277100 – 0721 Denso, ac amplifier tidak bekerja saat relay kompresor ac terhubung, sudah coba ganti relay magnetic clutch kompresor masalah tetap sama dan kesimpulan diambil kerusakan karena usia pada ac amplifier.

Penanganan bisa dilakukan dengan mengganti ac amplifier tersebut atau merubah kelistrikan thermistor ac dengan thermostat kawat.

Berikut cara modif ac amplifier atau merubah thermistor ac menggunakan thermostat kawat pada toyota RAV 4 bermesin 3S-FE agar idle up ac tetap berfungsi dengan baik. Silakan lihat gambar dibawah ini.
Modifikasi ac amplifier mobil
Pada gambar terdapat beberapa tambahan komponen, yaitu sebuah relay 5 kaki, dua buah dioda 1 Ampere dan resistor serta kabel ke thermostat kawat, semua komponen tembahan diatas harus terbungkus dengan rapi menggunakan isolasi bakar.

Berikut adalah keterangan gambar rangkaian merubah thermistor ac menjadi thermostat kawat pada toyota RAV4 diatas.
1. Plus 12 volt dari saklar ac dan kabel menuju saklar thermostat kawat.
2. Jalur Ground atau Negatif
3. Dioda 1 ampere dari jalur relay magnetic clutch atau relay kompresor ac.
4. Jalur ke ISC untuk idle up saat ac hidup.
5. Diode 1 amper untuk idle up dan terhubung dengan resistor no 6
6. Dua buah resistor yang nilai tahanan keseluruhan adalah 100 ohm, nilai tahanan ini mengacu pada nilai resistor asli yang berada dibagian bawah pcb pada jalur rangkaian, tetapi nilai resistor tersebut bisa dibuat antara 40 ohm hingga 100 ohm.
7. Relay 5 kaki, silakan perhatikan dari terminal minus disambung ke kaki NO dibawah angka 7.
8. Kabel plus dari saklar termostat kawat yang berasal dari jalur kabel no 1 dan menuju relay untuk menggerakan kontak relay saat saklar ac di tekan.

Modif ac amplifier atau mengubah thermistor memakai thermostat kawat pada ac mobil toyota RAV 4 diatas tidak ada bagian pada ac amplifier yang dirusak atau potong jalur. Tetapi rangkaian tambahan atau rubahan tersebut dibuat secara parallel.
Gambar modifikasi ac mobil menggunakan thermostat kawat
Dengan tambahan rangkaian diatas, thermistor cooler bawaan mobil harus dilepas, karena kalau tidak dilepas, saat kompresor ac hidup atau saat relay kompressor ac bekerja menyebabkan lampu led indikator pada tombol Ac akan berkedip.

error: