Mengatasi Lampu Plafon Mati, Remote dan Central Lock Tidak Berfungsi Pada Nissan Grand Livina

Otomotifmobil.com – Beberapa hari lalu saya memperbaiki mobil nissan grand livina atau mengatasi keluhan pada mobil nissan grand livina tahun 2012.

Masalah tersebut sesuai dengan judul yaitu mengatasi atau memperbaiki problem kelistrikan yang menyebabkan beberapa hal tidak berfungsi secara bersamaan, yaitu:
1. Lampu kabin, lampu ruangan atau lampu plafon mati,
2. Remote pintu mobil tidak berfungsi sedangkan tombol remote bekerja dengan baik,
3. Central doorlock tidak berfungsi, baik saat menggunakan remote maupun dioperasikan secara manual.

Hal pertama dalam memperbaiki masalah kelistrikan mobil yang perlu di cek atau diperiksa adalah tentu saja bagian sekring, apakah ada sekring yang putus atau pun ada sekring yang tidak terpasang.

Hal ini cukup membantu karena terkadang memang sekring mobil sering kali menjadi faktor penyebab troubel kelistrikan pada mobil.

Pada kasus nissan grand livina tahun 2012 diatas ketika saya periksa bagian sekring dan bandingkan dengan nama-nama sekring yang tertera di tutup sekring, terdapat satu buah sekring yang tidak terpasang dan jadi pertanyaan kenapa sekring tersebut tidak terpasang, sekring tersebut adalah sekring room lamp berukuran 10 ampere berwarna merah.
Sekring lampu kabin nissan grand livina
Setelah sekring room di pasang, central lock berfungsi dengan normal, remote pintu yang semula tidak berfungsi langsung merespon ketika tombol remote ditekan dan lampu kabin pun ikut menyala.

Masalah berikutnya adalah lampu plafon atau lampu kabin yang berada disamping lcd diatas plafon tidak mau mati ketika tombol untuk mematikan lampu tersebut ditekan, ini rupanya alasan kenapa sekring room lamp dilepas dari rumah sekring yaitu karena lampu kabin menyala terus.

Untuk sementara sambil berfikir karena yang punya kendaraan datang dari jauh dan terburu-buru segera pulang, hari juga sudah gelap, agar central lock tetap normal, remote tetap berfungsi dan lampu kabin bagian belakang tetap menyala adalah dengan melepas salah satu soket yang berada di balik lcd diatas plafon yaitu melepas soket dengan 3 kabel untuk kontrol lampu ruangan disamping LCD.

Diatas lcd nissan grand livina 2012 ini terdapat 3 buah soket yaitu:
1. Soket 3 kabel untuk lampu kabin
2. Soket 2 kabel untuk power suplai LCD, jika tidak terpasang LCD tidak bisa On.
3. Soket RCA untuk video dari head unit di dashboard, jika tidak terpasang menyebabkan No signal.

error: