DTC P1607 Honda Stream, Mesin Mati Mendadak

Otomotifmobil.com – Mobil honda stream tahun 2002 mesin mati mendadak atau mesin mati tiba-tiba ini karena pompa bensin tidak bekerja, yang tentu saja juga menyebabkan mesin tidak bisa hidup saat distarter.

Dan penyebab pompa bensin tidak bekerja karena kerusakan pada ECU dengan DTC P1607 yang artinya adalah sirkuit didalam Ecu terjadi kerusakan atau PCM(Powertrain Control Module)/ ECM (Engine Control Module) Internal Circuit Malfunction.

Letak Ecu honda stream 2002 ini berada dibalik laci dashboard sebelah kiri, posisi persis disamping blower ac dibaut dengan tiga buah mur 10mm.
Gambar ecu honda stream
Gambar diatas adalah kerusakan didalam ecu honda stream yang menyebabkan mesin mati mendadak saat mobil jalan dan gambar dibawah ini adalah detail kerusakan pada ecu honda stream tersebut, salah satu transistor didalam ecu hangus terbakar.Transistor didalam ecu terbakar
Akibat kerusakan ecu tersebut seperti yang sudah dijelaskan diatas pompa bensin tidak bekerja dan mesin tidak bisa hidup. Tetapi pada kasus yang ditemui ini untungnya mesin bisa hidup setelah pompa bensin diberi aliran listrik terpisah.

Ketika mesin sudah hidup terdeteksi lampu indikator check engine menyala dan terbaca DTC P1607 yaitu kerusakan pada ecu mobil.

Solusi perbaikan tentu saja dengan cara mengganti ecu, tetapi dengan catatan harus diperbaiki terlebih dahulu penyebab kenapa ecu sampai rusak terbakar tersebut, jangan sampai setelah ganti ecu masalah sama muncul.

Hal diatas berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa kerusakan tersebut terjadi setelah perbaikan ac dengan merubah perkabelan ac mobil. Semoga berguna.

error: