Cara Menganalisa Penyebab DTC P1346 Avanza/Xenia VVT-i

Otomotifmobil.com,Beberapa kali menemukan masalah lampu check engine menyala pada avanza, xenia dan daihatsu terios vvt-i, lampu check engine menyala setelah kendaraan jalan beberapa km jauhnya.

Dari hasil scan menunjukan trouble code P1346 yang artinya VVT Sensor/Camshaft Posistion Sensor Circuit Range/ Performance Problem (Bank 1).
DTC P1346

Cara Menganalisa Penyebab DTC P1346 dan Check Engine Menyala

Pertama, Cek Kerja OCV secara manual, untuk mengecek sistem kerja OCV secara manual silakan lihat Cara Menguji Kerja OCV Mesin VVTi. Jika idle mesin kasar dan mesin mau mati saat ocv di test, secara sistem OCV berfungsi dengan baik.

Kedua, Langkah kedua yang sering saya lakukan untuk memastikan bahwa penyebab lampu check engine menyala dan DTC P1346 adalah akibat kerusakan ECU adalah sebagai berikut:

1. Buka soket OCV
2. ON kan kunci kontak
3. Dan ukur tegangan antara dua kabel pada soket OCV, Saat On kunci kontak tegangan di dua kabel soket OCV berada diatas 5 volt, ukur dengan soket tidak tertancap pada OCV.
ocv avanza xenia rush terios
4. Kemudian tancapkan soket pada OCV dan ukur tegangan pada kedua kabel tersebut, jika tegangan menunjukan nilai rendah dibawah 5 volt, bisa jadi 0 volt, 2 volt atau pun 3 volt. Dan ini artinya kuat arus dari ECU sudah berkurang (tegangan ngedrop) sehingga saat diperlukan untuk menggerakan OCV, valve didalam OCV tidak bisa bergerak. Dan terdeteksi oleh ECU sebagai DTC P1346.

Solusi Lampu Check Engine Menyala dengan DTC P1346/75

Solusi memperbaiki masalah ini adalah dengan cara mengganti ECU, jika kurang yakin bisa pinjam kan ECU. Semoga berguna.

You might also like

error: