Penyebab Lampu SRS Airbag Menyala

Otomotifmobil.com – Lampu indikator airbag menyala biasanya disebabkan oleh malfungsi pada komponen Sistem SRS AirBag, kerusakan airbag yang menyebabkan lampu airbag menyala terus, biasanya sulit dideteksi secara manual.

Data trouble code (DTC) yang terekam oleh ECU airbag akan menjadi petunjuk cara memperbaiki airbag. Karena itu perlu di cek DTC terlebih dahulu sebelum melepaskan klem aki atau terminal battery mobil.
Gambar lampu indikator srs airbag

Beberapa Faktor Penyebab Masalah Lampu Airbag Menyala Terus

Jika Lampu airbag menyala tetapi airbag tidak meledak, berikut beberapa komponen airbag yang menyebabkan lampu airbag menyala dan perlu diperiksa dimana masalahnya.

1. Steering pad atau airbag sisi pengemudi dan atau kabel fleksibel stir.

2. Airbag sisi depan penumpang, terletak di dashboard sisi penumpang.

3. Sensor airbag, letak sensor airbag depan biasanya terletak di chasis depan tertutup bumper ada juga yang terlihat jelas, pada kendaraaan dengan airbag ada yang menggunakan 2 buah sensor depan atau pun satu sensor, sensor airbag samping jika dilengkapi.

4. Sensor seat belt atau sensor sabuk pengaman disamping jok atau soket sensor sabuk pengaman biasanya terletak dibawah jok.

5. Kabel, soket dan pretensioner didalam seat belt yang terletak di chasis samping jok.

6. Ecu airbag atau sensor airbag tengah.

Komponen airbag tersebut diatas bisa dengan mudah ditemukan pada kendaraan karena memiliki ciri-ciri khusus yaitu kabel serta soket khusus dengan warna kuning.

Tips Mencari Penyebab dan Memperbaiki Lampu Airbag atau Lampu SRS Menyala

Terkadang penyebab lampu airbag menyala terus saat mesin hidup erat berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya, contoh:
1. Setelah bongkar jok lupa pasang soket kabel sensor seat belt,

2. Saat buka stir yang ada kabel fleksibel untuk airbag ketika memasang tidak diperhatikan titik tengah kabel fleksibel dengan kelurusan roda depan, sehingg saat stir diputar, kabel fleksibel stir putus.

Dari beberapa komponen yang bisa menjadi penyebab lampu airbag menyala, yang paling sering dan ini karena umur adalah karena kabel fleksibel stir putus. Jika putusnya kabel fleksible stir disaat kita sedang belok, ini bisa menyebabkan lampu airbag tiba-tiba menyala tentunya.

dtc sensor airbag depan kanan honda crv
Contoh dtc airbag honda crv 2003, sensor airbag depan kanan tidak berfungsi

Tiap kendaraan bisa memiliki kode trouble berbeda yang berhubungan dengan airbag dan juga metode atau sistem penyalaan lampu airbag di panel spidometer juga berbeda.

Ada kendaraan yang lampu srs airbag nyala terus sebelum trouble code yang tersimpan dihapus meskipun komponen airbag sudah terpasang semua dan dalam kondisi baik dan hal ini dengan mudah bisa dideteksi yaitu setelah trouble code dihapus lampu airbag mati dan tidak nyala lagi.

Catatan: sistem airbag akan memeriksa semua komponen airbag sesaat setelah kunci kontak ON, jika ada salah satu komponen bermasalah atau tidak berfungsi maka lampu SRS Airbag akan nyala.

Tipe kedua meskipun masih menyimpan trouble code airbag atau menyimpan kode trouble sebelumnya, tetapi asalkan semua komponen airbag berfungsi normal, maka lampu airbag akan mati sendiri tanpa menghapus kode error dari ECU Airbag.

error: