Mesin Mobil Brebet Saat Dingin Pada Great Corolla

Otomotifmobil.com – Cara mengatasi,cara diagnosa dan mencari penyebab mesin mobil brebet saat dingin atau ketika mesin dihidupkan pagi hari, setelah suhu mesin sudah panas masalah mesin mobil brebet pada toyota great corolla ini pun hilang.

Masalah mesin mobil brebet pada toyota great corolla ini disertai lampu indikator check engine menyala saat mesin hidup.

Cara Mencari Penyebab Masalah Lampu Check Engine Nyala

Berikut adalah cara diagnosa penyebab mesin mrebet saat dingin dan lampu check engine nyala pada great corolla:
1. Off kan kunci kontak.
2. Buka soket diagnosa OBD1 didekat shock depan kiri.
3. Cari terminal E1 dan TE1 pada soket OBD1, nama-nama terminal ada didalam tutup soket diagnosa.
4. Jumper terminal E1 dan TE1 seperti gambar berikut ini.

soket obd 1 toyota great corolla
Gambar soket diagnosa mesin toyota great corolla

4. Kemudian ON kan kunci kontak dan lihat berapa jumlah kedipan lampu indikator check engine.

Pada masalah mesin mobil brebet saat dingin dan lampu check engine menyala pada great corolla ini disebabkan oleh masalah pada sirkuit sensor temperatur mesin yang dibaca oleh ECU.

Dengan metode kedipan menunjukan kode trobel 22 yang artinya adalah masalah pada Engine Coolant Temperature.

Cara baca kedipan check engine adalah sebgai berikut saat kunci kontak ON dengan posisi terminal E1 dan TE1 dijumper, lampu check engine akan berkedip terlebih dulu dua kali, setelah 2 kedipan pertama baru membaca trouble kode.

Kode 22 artinya lampu check engine 2 kali kedip jeda sebentar kedip lagi 2 kali, kemudian jeda agak lama dan berulang lagi kode 22, terus seperti itu sampai di Off kan kunci kontak.
letak sensor temperatur mesin great corolla
Gambar diatas adalah letak sensor temperature (suhu) mesin toyota great corolla dengan dua buah kabel.

Ketika dilakukan pengukuran dengan avometer, terbaca nilai engine coolant temperatur sensor tersebut berada dibawah 1 ohm baik saat masih dingin atau pun dalam kondisi panas, yang artinya sensor temperatur mesin tersebut short atau konslet.

Cara memperbaiki mesin brebet saat dingin yang diakibatkan kerusakan sensor suhu mesin adalah dengan mengganti sensor suhu tersebut. Setelah ganti sensor suhu, buka klem aki untuk menghapus kode trobel yang masih tersimpan di ECU.

Semoga berguna untuk Anda yang sedang mengalami pemasalahan mesin brebet saat dingin dan lampu check engine menyala pada toyota great corolla.

error: