Memperbaiki Mesin Brebet Suzuki Carry 1.5 Injeksi

Otomotifmobil.com – Mobil brebet kenapa? Itulah mungkin pertanyaan yang muncul ketika kendaraan yang kita bawa brebet-brebet dan hilang tenaga.

Artikel berikut adalah tips memperbaiki atau tips mengatasi mesin mobil suzuki carry 1.5 brebet atau pun mesin getar serta mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin mobil brebet. Silakan lihat terlebih dahulu penyebab kenapa mobil brebet.

Pada masalah mesin brebet yang saya tangani pada mobil suzuki carry 1.5 super cargo injeksi kali ini disebabkan oleh dua hal yaitu gangguan pada sistem pengapian pada silinder nomer 2, yang mengakibatkan tidak terjadi pembakaran pada silinder tersebut dan tekanan pompa bensin kurang.

Penyebab pertama adalah pada sistem pengapian yaitu sambungan antara koil dengan per pada batang koil yang menyentuh busi berkarat, silakan lihat gambar dibawah berikut ini.

koil carry 1.5 super cargo
Gambar 1. Bagian-bagian koil suzuki carry 1.5 injeksi

Akibat karat tersebut tidak terdapat pembakaran pada busi nomer dua sehingga busi menjadi hitam, silakan lihat gambar busi carry 1.5 dibawah ini.
busi penyebab mesin suzuki carry brebet
Gambar 2. Pada busi nomor dua kehitaman akibat tidak terjadi pembakaran.

Memperbaiki Koil Pengapian Carry 1.5

Model pengapian pada mobil suzuki carry 1.5 ini adalah pengapian satu koil untuk dua busi, dengan kata lain jika api busi pada busi nomor 2 tidak ada akan tetapi pada busi nomer 3 pengapian normal, berarti koil tersebut kemungkinan besar tidak rusak tetapi api ke busi nomer 2 terhalang oleh kerak. Koil pada busi nomer 1 dan nomer 4 adalah jadi satu, koil untuk busi nomer 2 dan 3 adalah jadi satu.

Untuk memperbaiki koil yang menyebabkan api busi tidak keluar seperti pada gambar nomer satu diatas adalah dengan cara memberikan anti karat pada kontak logam yang berkarat pada sisi koil yang bersentuhan dengan pegas dan membersihkan ujung-ujung per/pegas pada batang koil.

Gambar pipa pengembali bensin ke tangki bahan bakar
Gambar 3. Cara cek tekanan pompa bensin mobil suzuki carry 1.5 Injeksi

Penyebab kenapa mobil brebet kedua dan kebetulan terjadi pada kendaraan yang sama yaitu akibat tekanan pompa bensin lemah dan cara cek tekanan pompa bensin dengan mudah bisa dilakukan tanpa alat yaitu dengan cara melepas slang balik bensin ke tangki setelah melewati regulator.

Ciri-ciri pompa bensin masih bagus atau tekanan pompa bensin baik atau masuk spesifikasi, maka bensin akan keluar dari slang pengembali saat mesin hidup.

Catatan : Perlu berhati-hati saat periksa tekanan bensin seperti diatas karena kita akan mengeluarkan bensin yang mudah terbakar, sediakan wadah atau botol untuk menampung bensin.

Pada masalah mobil carry pick up injeksi 1.5 ini saat hidup mesin ketika dilepas slang balik menuju tangki bensin, bensin tidak keluar dari slang tersebut yang artinya tekanan pompa bensin berada dibawah tekanan regulator sistem bahan bakar. Untuk melihat berapa pasti tekanan bensin tentu saja harus menggunakan alat ukur tekanan pompa bahan bakar.

Setelah dibersihkan kontak koil dengan pegas pada batang koil dan ganti pompa bensin yang terletak ditangki bensin, suzuki carry 1.5 super cargo Injeksi tersebut normal kembali. Semoga berguna.

error: