Kenapa Seat Belt Mengencang Setelah AirBag Meledak

Otomotifmobil.com – Mengetahui penyebab kenapa seatbelt mengencang pada mobil All New avanza atau All New Xenia dengan AirBag setelah airbag meledak, pada kendaraan lain juga terjadi hal yang sama.

Seat belt adalah sabuk pengaman pada kendaraan untuk melindungi kita dari benturan keras ketika terjadi tabrakan, agar tubuh kita tidak membentur kedepan atau pun kepala bebenturan dengan kaca depan.

Seatbelt untuk airbag
Gambar seat belt AirBag dengan Pretensioner

Seat belt pada mobil yang menggunakan Airbag terintegrasi dengan sistem airbag, jika terjadi benturan keras pada kendaraan atau airbag meledak maka didalam tabung pretensioner pada seat belt juga terjadi ledakan untuk mengunci seat belt, sehingga seatbelt mengencang dan tidak bisa ditarik tarik lagi.

Gambar peyebab seat belt mengencang
Gambar penyebab seatbelt mengencang saat airbag meledak

Seat belt yang sudah mengencang akibat ledakan airbag, maka seat belt “ tidak dapat dipakai lagi”, seat belt tidak bisa dipakai lagi dalam tanda kutip jika dipasang lagi pada mobil tersebut karena ecu airbag akan mendeteksi circuit open pada pretensioner bagian kanan dan bagian kiri, ini menyebabkan indikator airbag menyala terus.

Dan Data Trouble code yang muncul jika seat belt mengencang setelah airbag meledak adalah:
1.Seat Belt sisi kanan atau sisi pengemudi yaitu B1901 Open in P/T Squib (D seat side) circuit/Open in P/T Squib (RH) Circuit
2.Seat Belt sisi kiri atau sisi penumpang yaitu B1906 Open in P/T Squib (P seat side) Circiut/Open in P/T Squib (LH) Circuit.

Tetapi jika seatbelt tersebut dibuka gear ptretensioner-nya, seat belt akan berfungsi normal lagi dan bisa dipakai untuk kendaraan tanpa airbag tentunya.

Harga seat belt airbag All New Avanza/Xenia adalah sekitar Rp. 900.000,00 per seat belt.

error: