Cara Mengganti, Menguras dan Mengisi Air Radiator Honda Jazz

Otomotifmobil.com – Artikel Otomotif Mobil bagaimana cara mengganti air radiator pada mobil Honda Jazz dengan tahapan menguras air radiator kemudian mengisi kembali air radiator.

Untuk menguras semua air radiator mobil honda jazz tidak bisa hanya dengan membuka kran pembuangan air yang terletak di radiator, tetapi perlu membuka baut tap air radiator pada blok mesin.
honda jazz merah

Langkah atau Cara Menguras Air Radiator Honda Jazz

1. Pastikan mesin masih dingin dan radiator cukup dingin untuk dipegang.

2. Buka tutup radiator dengan memutar ke arah berlawanan jarum jam.

3. Kendurkan drain plug atau kran penguras air dari radiator yang terletak disebelah kiri radiator bagian bawah, ini hanya untuk mengosongkan air radiator didalam radiator.
Gamar cara buang air radiator honda jazz
Sedangkan air coolant yang berada didalam blok mesin tidak bisa keluar semua karena adanya thermostat yang posisinya agak di atas dan masih menutup saat mesin masih dingin.

4. Buka drain bolt atau baut pembuang coolant dari blok mesin depan, air dari cylinder blok mesin akan keluar.
Cara buang air radiator dari blok mesin
5. Kalau coolant sudah tidak mengalir keluar tutup kembali drain bolt dan kencangkan dengan benar.

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Honda Jazz

Setelah selesai menguras air radiator, langkah selanjutnya adalah mengisi air radiator dan kapasitas pengisian air radiator pada honda jazz adalah sekitar 3,6 liter.

1. Isi tangki cadangan air radiator hingga mencapai batas Max, dengan membuka tutup reservoir putar berlawanan arah jarum jam.
Posisi atau letak tabung cadangan air radiator honda jazz
2. Isikan air radiator atau radiator coolant hingga hingga penuh dari lubang pengisian air radiator (tempat tutup radiator).
gambar cara mengisi air radiator honda jazz
3. Pasang kembali tutup radiator dan putar searah jarum jam secukupnya.

4. Nyalakan mesin dan biarkan pada putaran idle hingga mesin panas atau setidaknya kipas radiator berputar 2 kali, ini butuh waktu beberapa menit.

5. Matikan mesin, dan cek jumlah air radiator dengan membuka tutup radiator, harap berhati-hati karena akan membuka tutup radiator dengan suhu mesin panas.

6. Cek ulang jumlah air radiator, jika kurang tambahkan lagi sampai penuh.

7. Tutup radiator sampai kencang (putar searah jarum jam), kemudian nyalakan mesin dan lihat apakah ada kebocoran air radiator dengan melihat apakah terlihat air menetes dari bawah kolong mesin.

Tips mengganti air radiator honda jazz diatas adalah dengan kondisi mesin normal tidak pernah terjadi overheat pada mesin atau jarum temperatur tidak pernah sampai menyentuh H.

Catatan Penting: Jika pada sistem pendingin sempat terjadi kebocoran dan mesin sempat terjadi overheat sampai keluar asap dan mobil tetap dipakai jalan, baik yang disebabkan karena bocor air radiator atau kipas radiator tidak berputar, maka pada langkah nomor 5 ketika membuka tutup radiator kemungkinan akan terdapat tekanan berlebihan karena kemungkinan terjadi kebocoran kompresi pada mesin.

Sebaiknya tunggu mesin hingga dingin atau tutup radiator cukup dingin untuk disentuh tangan.

Saran yang baik, lebih baik serahkan ke bengkel atau orang kepercayaan meskipun hanya sekedar mengganti air radiator. Semoga berguna.

error: