Cara Memperbaiki Radiator Buntu atau Tersumbat

Otomotifmobil.com – Bagaimana cara membersihkan radiator mobil tersumbat atau buntu? Radiator buntu atau radiator tersumbat atau radiator mampet akan mempengaruhi sistem pendinginan mesin mobil dan bisa menyebabkan mesin overheat sama halnya jika radiator bocor.

Penyebab radiator mampet atau penyebab radiator tersumbat biasanya karena faktor umur kendaraan, pemakaian air sumur atau endapan seperti kapur atau karena air radiator sudah bertahun-tahun tidak pernah dikuras atau diganti.

Berikut adalah gambar-gambar cara membersihkan radiator mobil buntu atau cara memperbaiki radiator mobil yang tersumbat.

1. Gunakan obeng minus yang dibentuk khusus pada ujungnya untuk mengungkit kancingan upper tank seperti gambar dibawah.cara membuka upper tank radiator mobil

2. Setelah semua kancingan terbuka dan bagian atas pada radiator (upper tank) terlepas, buka sil upper tank dan gunakan kawat tipis yang cukup panjang untuk menusuk atau membersihkan satu persatu saluran air radiator dari kerak yang menyumbat atau menempel pada dinding saluran-saluran air tersebut.
Cara membersihkan radiator buntu

Kawat tipis yang cukup panjang bisa dipakai dari kawat wiper blade atau kawat penghapus kaca depan.

3. Setelah semua saluran air sudah bersih termasuk bagian dibawah sil upper tank, pasang kembali sil upper tank atau ganti baru.
gambar saluran air radiator setelah di bersihkan

4. Pasang Upper tank radiator dan tekuk kancingan upper tank menggunakan tang atau tang setel secara merata.

Kancing upper tank radiator

5. Setelah upper tank radiator terpasang kembali dengan baik, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah ada kebocoran menggunakan radiator tester dengan memberi tekanan, silakan lihat cara memakai radiator tester.

Jika tidak mau repot, kita bisa bawa radiator atau bawa kendaraan ke service radiator untuk membersihkan kerak atau kotoran yang menyumbat radiator.

Biaya servis radiator untuk membersihkan radiator juga tidak mahal, tergantung ukuran dan jenis radiator, biasanya berkisar 150 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.

error: