Cara Membuka Tutup Radiator Mobil

Otomotifmobil.com – Berikut adalah petunjuk detail dengan gambar bagaiamana cara membuka tutup radiator mobil baik dalam kondisi mesin masih dingin atau pun saat mesin panas.

Perhatian : Tidak dianjurkan untuk membuka tutup radiator mobil dalam kondisi mesin masih panas, karena selain panas, air didalam radiator juga bertekanan akibat panas tersebut.

tutup radiator avanza all new

Cara Aman Membuka Tutup Radiator Mobil

Cara aman membuka tutup radiator adalah saat mesin dingin atau ketika tutup radiator cukup dingin disentuh dengan tangan. Untuk point dua “Saat tutup radiator cukup dingin disentuh dengan tangan” tetapi dalam kondisi mesin hidup bisa jadi didalam radiator juga terdapat tekanan.

Contoh yang jelas bisa saya gambarkan kebetulan pernah saya alami yaitu ketika air radiator kurang 1 liter dan sensor suhu mesin tidak bersentuhan dengan air pendingin atau bagian atas silinder head tidak ada coolant akibat air radiator kurang.

Ketika hal tersebut terjadi suhu dimesin naik tinggi dan secara otomatis sensor suhu menyalakan kipas elektrik radiator, akibat air radiator kurang tersebut maka air yang didinginkan radiator kurang dan suhu mesin tetap tinggi sehingga kipas radiator hidup terus, akibat kipas radiator hidup terus suhu radiator menjadi dingin, tutup radiator dan hembusan angin fan radiator juga terasa dingin, tetapi suhu dimesin tetap panas.

Ketika di buka tutup radiator yang sudah terasa dingin tersebut, bukan air yang menyembur melainkan uap panas yang keluar dari radiator.

Jadi kesimpulan cara aman membuka tutup radiator adalah ketika mesin masih dingin atau mesin belum hidup, jika dengan terpaksa harus membuka tutup radiator saat mesin panas atau mesin sedang overheat akan dijelaskan bagaimana caranya dibawah ini.

Gambar Cara Buka Tutup Radiator Mobil

1. Pastikan mesin masih dingin untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

2. Pegang tutup radiator, dengan sedikit ditekan putar tutup radiator berlawanan arah jarum jam sebanyak 90 derajat (contoh 90 derajat pada avanza/xenia) setelah itu tutup radiator terasa longgar, tetapi tutup radiator belum bisa diangkat. silakan lihat gambar berikut.langkah pertama cara membuka tutup radiator
Pada kendaraan lain seperti vios limo, putaran pertama seperti gambar diatas adalah kira-kira 45 derajat.

3. Setelah putaran pertama tersebut putar lagi sejauh 45 derajat dan tutup radiator sudah bisa diangkat atau dilepas dari saluran masuk air radiator.Langkah kedua membuka tutup radiator mobil

4. Berikut adalah gambar ketika tutup radiator sudah dibuka atau sudah dilepas.
tutup radiator mobil ketika sudah dibuka
Perhatikan cekungan pada saluran air dan lekukan plat pada tutup radiator. Untuk memasang tutup radiator adalah kebalikan dari cara membukanya.

Cara Membuka Tutup Radiator Saat Mesin Panas

Perlu berhati-hati jika dengan terpaksa harus membuka tutup radiator ketika mesin panas atau pun overheat karena tekanan tinggi didalam radiator akibat panas.

Cara membuka tutup radiator saat mesin panas atau oveheat prinsipnya sama dengan saat mesin dingin tetapi kita perlu menggunakan kain tebal dan cukup lebar untuk menghindari air panas menyembur dari radiator.
1. Taruh kain lap basah yang tebal dan lebar diatas tutup radiator.

2. Pastikan tangan dengan enak bisa memutar tutup radiator dan menahan ketika tekanan air radiator mulai keluar.

3. Putar tutup radiator berlawanan arah jarum jam sedikit demi sedikit atau putar kurang dari 45 derajat.

4. Dengarkan suara mendesis dari tutup radiator, kalau terdengar suara mendesis, pastikan tahan dengan kuat pada posisi tersebut hingga suara mendesis hilang.

5. Jika suara mendesis sudah hilang, putar lagi tutup radiator pelan-pelan hingga dengan mudah tutup radiator terlepas.

Perhatian: Jangan menambah air radiator saat mesin masih panas akibat habis air radiator, uap panas akan menyembur keluar begitu air dingin dimasukan ke radiator yang dalam kondisi mesin overheat. Lebih baik tunggu mesin dingin.

You might also like

error: