Faktor Penyebab Mesin Mobil Brebet

Otomotifmobil.com – Secara umum mesin mobil brebet terjadi karena pembakaran pada ruang bakar mesin tidak normal sehingga pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan mesin tidak balance serta tenaga mesin kurang.

Beberapa Faktor Penyebab Mesin Brebet Pada Mobil Injeksi Secara Umum

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan mesin mrebet atau mesin brebet dan getar.
1. Gangguan pada sistem pengapian
Masalah pada sistem pengapian mesin sering kali menjadi faktor penyebab utama mesin brebet seperti disebabkan koil bocor, kabel busi bocor, tutup distributor rusak, busi konslet atau busi putus. Silakan lihat Video Koil Bocor.

2. Masalah kompresi mesin bocor atau pada tiap silinder terdapat tekanan kompresi yang berbeda jauh, silakan lihat cara cek kompresi mesin.

3. Air radiator atau pendingin mesin masuk ke ruang bakar, silakan lihat Air Radiator Masuk Ruang Bakar

4. Pengabutan bahan bakar oleh injektor kurang baik atau pun tekanan pompa bensin yang terletak didalam tangki bensin sudah melemah.

Silakan lihat cara membersihkan injektor dan cara cek tekanan pompa bensin mobil injeksi.

5. Masalah pada Ecu mobil serta sensor-sensor injeksi seperti halnya sensor suhu mesin rusak tidak sesuai dengan spesifikasi, ckp sensor bermasalah atau terjadi misfire. Silakan lihat juga mesin brebet karena sensor suhu mesin atau mesin brebet karena mass air flow bermasalah.
Gambar mesin honda jazz vtec 2006

Cara Test Balance Mesin

Beberapa metode atau cara test balance mesin untuk mengetahui gangguan pada ruang bakar mesin yang menyebabkan mesin brebet.
1. Cara mengetahui pada silinder berapa terjadi gangguan adalah dengan cara melepas satu persatu soket injektor saat mesin hidup. Dan perhatikan getaran mesin saat soket injektor dilepas, contoh saat soket injektor nomer satu dilepas jika getaran mesin tidak berubah maka gangguan ada pada silinder satu tersebut.

2. Dengan mengangkat koil pelan-pelan saat mesin hidup, ini harus hati-hati jangan sampai tangan terkena sengatan listrik koil, perhatikan loncatan bunga api apakah ada bunga api yang meloncat kesamping saat koil diangkat dari busi atau saat kabel busi diangkat dari busi sambil mesin hidup.

3. Dengan scan tool melalui menu aktuator test juga bisa dilakukan untuk memutus satu persatu aliran bahan bakar pada injektor. Pada injektor yang diputus aliran listriknya tersebut jika tidak terjadi perubahan pada getaran mesin, maka pada silinder tersebut yang terdapat masalah.

error: