Efek Thermostat Mesin Avanza/Xenia Dilepas

Otomotifmobil.com – Mengetahui dampak serius pada mesin avanza, xenia, rush dan terios yang menggunakan mesin 3sz-ve dan k3-ve jika thermostat mesin dicopot atau dilepas atau thermostat mesin tidak dipasang.

Gambar sirkulasi air radiator avanza enia rush terios
Gambar 1. Sirkulasi air radiator

Ciri-ciri Thermostat Mesin Dilepas Pada Avanza Xenia

Saya sendiri sering kali menemukan kalau mobil avanza atau xenia sudah tidak terpasang thermostat dengan keluhan temperatur mesin avanza/xenia naik turun.

1. Terlihat dari indikator suhu mesin pada panel spido yaitu temperatur mesin naik sedikit diatas setengah ketika mesin hidup lama dalam posisi idle atau langsam.

2. Elektrik fan radiator terus berputar saat temperatur kerja mesin sudah tercapai dan tidak mau berhenti sendiri karena suhu mesin tidak bisa turun ke 95 derajat celsius.

3. Ketika dilihat berapa derajat suhu mesin dengan alat scan, suhu mesin selalu berada di atas 100 derajat celsius saat mesin idle, suhu mesin akan turun ketika mesin digas atau rpm mesin dinaikan.

4. Ketika rpm mesin dinaikan atau kendaraan dipakai jalan, jarum temperatur mesin bergerak turun dari atas setengah.

Letak Thermostat Pada Mesin Avanza,Xenia,Rush dan Terios

Posisi thermostat avanza pada mesin 3sz-ve atau k3-ve berada disilinder head di bagian belakang mesin, dibagian belakang silinder head tersebut juga terdapat sensor suhu serta sensor cam. Posisi sensor suhu berada disamping thermostat sedangkan sensor cam berada diatas thermostat.

Analisa Penyebab Suhu Mesin Naik Saat Idle Ketika Thermostat Mesin Dilepas

gambar saluran air radiator avanza xenia
Gambar 2. Saluran air pada rumah thermostat dan letak sensor suhu mesin

Berikut akan saya jelaskan kenapa tidak baik mencopot thermostat pada mesin avanza/xenia atau mesin 3sz-ve dn mesin k3-ve.

Ketika thermostat mesin avanza/xenia dilepas atau tidak terpasang, maka saluran air (panah no 1) yang seharusnya tertutup oleh ujung thermostat akan selalu terbuka dan akibatnya adalah tidak semua air dari radiator melewati water pump, dan ini menyebabkan volume air yang dipompa oleh waterpump untuk bersirkulasi cuma sedikit dan menyebabkan suhu mesin cenderung lebih panas. Panah no 2 pada gambar diatas adalah lubang saluran air menuju pompa air mesin.

Jika hal ini dibiarkan lebih lama atau thermostat tidak dipasang, resikonya adalah kerusakan pada silinder head dan silinder head harus diganti kalau sampai bengkok, jika silinder head bengkok masih bisa di ratakan atau discrap dan konsekwensinya adalah penggantian pack kop mesin dengan bahan asbes akan membantu tetapi yang jelas tidak bisa tahan lama.

Gambar berikut adalah saluran air pada silinder head mesin k3-ve avanza, saluran air tersebut menuju ke water pump atau pompa air mesin.

Gambar saluran air pada silinder head mesin menuju water pump avanza
Gambar 3. Saluran air menuju water pump

Semoga berguna, itulah sebabnya kenapa mesin avanza atau xenia suhu mesin naik jika thermostat mesin dilepas atau dicopot.

error: