Memperbaiki Stir Berat Saat Belok Karimun Wagon R

Otomotifmobil.com – Elektrik power steering suzuki karimun wagon R berat  saat belok dan berikut adalah cara saya memperbaiki stir berat saat belok atau stir terasa berat saat belok pada mobil suzuki karimun wagon R tahun 2015. Suzuki karimun wagon R sudah menggunakan EPS, apa itu EPS silakan lihat Artikel Tentang EPS.

Umur mobil masih  tergolong muda ada faktor eksternal yang menyebabkan kerusakan atau masalah stir berat pada suzuki karimun wagon R ini muncul.indikator eps karimun wagon r

Stir berat pada mobil suzuki karimun wagon R ini karena indikator gambar stir warna kuning di panel spidometer tidak nyala saat kunci kontak ON. Saat discan dengan scanner, alat scan tidak bisa menemukan keberadaan ECU EPS, yang artinya kemungkinan power suplai ke ECU EPS tidak ada, soket terlepas/kabel putus dan kerusakan pada ECU EPS.

Setelah melakukan pemeriksaan semua sekring dalam kondisi baik atau tidak ada sekring putus dan terdapat suplai tegangan yang masuk ke ECU EPS, kesimpulan sementara adalah ECU EPS Rusak.elektrik power steering karimun wagon r

Dan memang setelah ecu EPS yang berada dibawah stir dibuka terlihat bekas Air yang merusak jalur PCB pada komponen elektronika di dalam ECU EPS.

Lebih detail gambar kerusakan ecu eps suzuki karimun wagon R ada pada gambar dibawah ini jalur suplai arus listrik pada pcb ecu eps tersebut putus sehingga ECU EPS tidak berfungsi. Dari gambar dibawah juga terlihat perbedaan warna tembaga pada pcb, yang bagus masih terlihat kecoklatan sedang bagian yang terkena air terlihat kehitaman.

pcb eps bekas kena air

Pemeriksaan dilakukan pada jalur-jalur pcb dari kemungkinan masih ada yang putus dan ganti resistor 8k2 karena kaki resistor tersebut rusak, timah solder tidak bisa menempel, resistor R8k2 seharunya terhubung dengan pin panah no 1 melalui lubang no 2.ecu eps suzuki karimun wagon r

Setelah perbaikan atau service ecu eps selesai, ECU EPS dipasang kembali ketempatnya dibawah steering column, saat kunci kontak ON lampu gambar stir dengan tanda seru atau lampu indikator EPS menyala.

Ketika mesin dihidupkan, saat setir diputar atau saat stir dibelokan tidak lagi terasa berat karena sistem EPS (Elektrik Power Steering) sudah berfungsi dengan baik. Semoga berguna.

error: