Sensor Posisi Camshaft Mitsubishi Eterna

Otomotifmobil.com – Artikel tentang sensor posisi camshaft dan crankshaft pada mobil lawas mitsubishi eterna tahun 1991 ini saya tulis karena siapa tahu Anda ketemu masalah yang sama seperti yang saya temui. Dimana sensor posisi camshaft dan crankshaft ini soket nya sudah tidak lengkap dan jalur kabel untuk sensor tersebut sudah putus.

Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda yang mencari informasi masalah urutan kabel sensor posisi camshaft dan crankshaft pada mitsubishi eterna yang sedang anda perbaiki dan juga sebagai catatan buat saya siapa tahu besok-besok ketemu lagi dengan masalah yang sama.

sensor posisi camshaft mitsubishi eterna
Fungsi Cam angle Sensor pada mobil mitsubishi eterna kalau menurut bahasa teknisnya adalah sensor untuk mengetahui sudut camshaft dan sudut crankshaft dan kalau sensor posisi cam dan crank ini rusak atau tidak berfungsi menyebabkan pompa bensin tidak bekerja, injektor tidak bekerja dan api tidak keluar dari busi. Jadi salah satu penyebab api busi tidak ada, pompa bensin tidak bekerja pada mitsubishi eterna adalah karena sensor posisi cam dan crank tidak berfungsi.

Mitsubishi eterna tahun 1991 menggunakan sensor posisi camshaft atau yang disebut juga sebagai Cam Angle Sensor dengan nomor kode part T1T49571N, yang mana Cam Angle Sensor ini juga digunakan pada beberapa kendaraan seperti tersebut dibawah ini
Mitsubishi ECLIPSE GS tahun 1991 – 1994
Mitsubishi ECLIPSE GSX tahun 1991 – 1994
Mitsubishi GALANT tahun 1992
Mitsubishi GALANT ES tahun 1993
Mitsubishi GALANT GS tahun 1992
Mitsubishi GALANT GSR tahun 1992
Mitsubishi GALANT GSX tahun 1992
Mitsubishi GALANT LS tahun 1992 – 1993
Mitsubishi GALANT S tahun 1993
Mitsubishi GALANT VR-4 tahun 1992

Sensor camshaft pada mitsubishi eterna tahun 1991 memiliki 4 buah kabel. Masing-masing kabel tersebut adalah Posistif, Negatif, Camshaft sensor dan Crankshaft Sensor. Berikut adalah gambar urutan kabel pada Cam angle Sensor Mitsubishi Eterna.

soket sensor posisi camshaft mitsubishi eterna

Urutan kabel pada soket cam angle sensor mitsubishi eterna adalah sebagai berikut
1 Sensor posisi camshaft/noken as
2 Sensor posisi crankshaft/kruk as
3 +12volt saat ON kunci kontak dan saat start
4 Sensor ground atau negatif

Cara Cek Kerja Sensor Posisi Camshaft dan Crankshaft Mitsubishi Eterna
1. Saat semua kabel sensor terpasang semua dengan posisi yang benar sesuai gambar diatas, ketika mesin distarter tidak keluar api dibusi atau bensin tidak naik ke injektor, kemungkinan besar sensor ini yang rusak, tetapi perlu diperiksa dengan memastikan tidak ada kerusakan pada bagian lain seperti ecu atau pun Power TR dengan melakukan langkah seperti cara nomer 2 berikut ini.
urutan warna kabel sensor posisi camshaft mitsubishi eterna
2. Buka kabel nomor 2 pada sensor (kabel biru yang sudah disambung dengan kabel warna hitam pada gambar diatas) yang berfungsi sebagai sensor sudut crankshaft, posisi On kunci kontak, kemudian sentuhkan kabel tersebut ke body mesin atau ground, jika tidak ada masalah lain saat kabel tersebut bersentuhan dengan ground maka api keluar dari busi, terdengar injektor bunyi/kerja dan pompa bensin bekerja untuk memompa bensin ke pipa fuel delivery pada injektor.

Langkah pengecekan pada point nomor 2 diatas sekaligus bisa dipakai untuk menentukan kerusakan sensor posisi camshaft mitsubishi eterna tersebut. Jika dengan melepas kabel sensor crankshaft dan menyentuhkan nya ke ground, pompa bensin mau bekerja dan api keluar dari busi tetapi saat terpasang dimesin dan ketika distarter pompa bensin tidak bekerja atau api busi tidak keluar berarti sensor tersebut rusak dengan catatan terdapat +12 volt pada pin no 3 dan negatif pada pin no 4. Semoga berguna.

You might also like

error: