Penyebab Kenapa Mesin Mobil Mati Saat Lepas Pedal Gas

Otomotifmobil.com – Mengetahui apa saja faktor penyebab masalah mesin mati saat lepas gas atau mesin mobil injeksi mati ketika pedal gas dilepas dan saat starter pun mesin susah hidup, tetapi dengan sedikit menginjak pedal gas mesin langsung hidup normal sambil ditahan pedal gas, tetapi ketika mesin sudah hidup saat pedal gas dilepas mesin mati kembali.

Masalah mesin mobil mati saat lepas pedal gas ini saya tulis dari beberapa yang pernah saya tangani dan masih saya ingat, karena banyak juga saya temukan problem mesin mati ketika pedal gas dilepas atau pedal gas tidak diinjak.

Mesin Mobil Avanza/Xenia Mati Saat Lepas Pedal Gas
Dari gambaran uraian masalah di atas sudah bisa diambil kesimpulan bahwa idle speed control atau ISC tidak bekerja atau ISC tidak berfungsi. Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa ISC tidak bekerja atau tidak berfungsi yang menyebabkan mesin tidak bisa berputar stationer tanpa menahan pedal gas pada rpm tertentu, yaitu:
1. Ecu mengalami kerusakan
2. ISC macet
3. Jalur kabel antara ISC dan ECU ada yang putus
Ecu avanza xenia non vvt-i Semua penyebab masalah pada sistem idle mesin Avanza tersebut sudah pernah saya tangani, baik yang disebabkan oleh masalah ECU, Masalah ISC atau pun karena masalah sambungan kabel putus, baik pada mobil avanza maupun pada mobil xenia yang umumnya disebabkan oleh umur kendaraan yang sudah lebih dari 5 tahun dan ada juga masalah idle speed tidak berfungsi ini karena salah penanganan.

Jika Ecu rusak atau bermasalah pada bagian kontrol idle, maka ECU perlu diganti. Karena ISC pada mobil Avanza, Xenia, Toyota Rush atau Daihatsu Terios langsung dikontrol oleh IC didalam ECU.
Gambar ISC avanza xenia Untuk masalah ISC macet biasanya ini disebabkan oleh kerak karbon yang berada di ISC sehingga pergerakan ISC untuk membuka dan menutup saluran udara saat mesin idle terganggu. Dan cara memperbaiki ISC macet karena banyak karbon hitam di isc bisa dilakukan dengan cara membersihkan karbon tersebut. ISC Avanza xenia Penyebab kedua ISC macet adalah karena gulungan spul pada ISC sudah terlihat hangus sehingga kemagnetan untuk mendorong atau menarik ujung ISC berkurang, jika memang hal ini yang terjadi maka perlu mengganti ISC baru.

Berapa harga ISC Avanza? Harga ISC avanza bermacam-macam, banyak dijual dengan kualitas yang berbeda-beda. Harga ISC avanza ada yang menjual dengan harga 185 ribu rupiah hingga 450 ribu rupiah.

Mesin Honda CRV Getar dan Mati Saat Lepas Gas

Masalah ini pernah saya tangani pada honda CRV tahun 2004, saat starter terkadang mesin sulit hidup, saat hidup putaran mesin tidak bisa halus, mesin langsung mati saat ac mobil dinyalakan dan ac bekerja normal saat pedal gas ditahan sehingga rpm mesin berada diatas 1100 rpm, ini adalah akibat tenaga mesin kurang yang disebabkan timing tidak tepat tetapi rantai timing sudah pas.

Kok bisa? Maksudnya gimana? Timing tidak tepat tetapi rantai timing sudah sesuai dengan tanda timing. Kenapa hal ini bisa terjadi? Masalah ini timbul karena rantai timing memanjang, keausan pada gear timing dan atau karena kamrat kendur akibat cylinder head yang sudah dipangkas. timing rantai kamrat honda crv 2004 Jika cylinder head turun, saat pemasangan rantai timing dan ketika semua tanda top timing sudah sesuai akan menyebabkan rantai kendur pada sisi yang tidak ada tensioner nya(Rantai A), ketika tensioner dipasang, tensioner akan menarik rantai yang masih kendur tersebut sehingga menjadi kencang. Tetapi dampak saat rantai timing (rantai kamrat) sudah kencang akibat ditekan oleh tensioner, menyebabkan posisi top noken as akan berubah dan bergeser beberapa derajat bahkan bisa bergeser sebanyak satu gigi, silakan lihat panah lurus berhadapan secara horisontal pada gambar di atas.

Akibat tidak tepat posisi top noken as atau sudut buka klep tidak tepat menyebabkan mesin kurang tenaga dan ketika ac mobil dinyalakan saat rpm sekitar 900, rpm mesin turun atau ngedrop dan mesin mati sendiri saat mesin dibiarkan hidup saat pedal gas dilepas atau jika rpm tidak ditahan pada rpm 1200 an, ini ketika ac mobil dinyalakan.

Toyota New Vios Limo 2007 atau Toyota Yaris Mesin Mati Saat Lepas Gas

New Vios limo 2007 atau Yaris M/T telah menggunakan ETCS-i atau katup gas yang dikontrol oleh Ecu, tidak ada ISC untuk mengatur idle mesin tetapi idle mesin di atur pembukaan katup throttle valve tentu saja tanpa ISC.

Mesin mati saat pedal gas dilepas terjadi biasanya saat setelah ganti aki atau setelah membuka klem aki, jadi jika setelah ganti aki atau setelah lepas klem aki untuk hidupkan mesin bisa dengan cara ditahan rpm mesin diatas 1000 untuk beberapa menit kemudian matikan mesin, starter lagi mesin tarik tuas hand rem, injak pedal kopling, masukan gigi satu atau mundur setelah itu saat persneleng satu atau gigi mundur sudah masuk, lepas pedal kopling pelan-pelan biarkan mesin mati saat lepas pedal kopling. Cara seperti ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sampai rpm mesin normal saat idle dan rpm tidak terlalu rendah, rpm normal mesin berada di antara 650 sampai 750 saat idle.

Kalau tidak mau melakukan langkah diatas bisa dengan cara membersihkan throttle body, karena sebenarnya rpm terlalu rendah atau mesin mati saat lepas pedal gas pada mobil new vios limo 2007 atau Toyota Yaris ini terjadi akibat throttle body kotor. Semoga berguna.

error: