Memperbaiki Lampu Indikator Check Engine Menyala Jeep Rubicon

Otomotifmobil.com – Jeep rubicon lampu check engine menyala terus, fungsi lampu check engine pada mobil efi adalah sebagai tanda telah terjadi malfungsi pada sistem atau sirkuit yang dikontrol oleh ecu, baik itu aktuator atau pun sensor untuk kontrol mesin. Meskipun ada kendaraan yang sudah menggunakan mesin injeksi atau memakai sistem EFI, tetapi tidak dilengkapi dengan lampu indikator check engine seperti contoh hyundai getz bensin yang pernah saya tangani tentunya.
Jeep rubicon lampu check engine nyala
Kembali ke topik artikel yaitu cara memperbaiki atau cara mengatasi lampu check engine jeep rubicon menyala. Untuk mengetahui penyebab lampu check engine menyala pada Jeep rubicon bisa digunakan alat scan generic OBD2 atau yang umum seperti halnya ELM 327 atau pun yang lainnya.

Gambar posisi busi nomor satu jeep rubicon v6
Gambar posisi busi nomor satu jeep rubicon

Penyebab lampu check engine menyala pada jeep rubicon yang pernah saya tangani adalah karena terjadi misfire pada silinder satu, dan hal ini disebakan oleh kerusakan busi atau busi retak pada dinding keramik busi, dengan Data Trouble Code P0301 yang artinya Cylinder 1 Misfire detected atau pengapian busi pada silinder 1 tidak normal.

Selain DTC P0301 masalah pengapian pada silinder satu, juga terlihat dtc P0562 System voltage low artinya aki mobil sudah mulai soak dan memang saat mesin distarter, suara dinamo starter agak sedikit berat, tetapi dtc p0562 ini tidak menyebabkan lampu check engine menyala.
Keramik busi retak
Gejala lain akibat kerusakan busi selain lampu indikator nyala adalah mesin sesekali terasa mbrebet saat idle atau saat mobil jalan, seperti gejala hilang pengapian pada salah satu silinder, atau ketika akselerasi, dari mesin terasa getaran, naik dan turunnya rpm saat mesin digas terasa tidak halus.

Dan tentu saja cara memperbaiki lampu check engine nyala pada jeep rubicon yang disebabkan oleh kerusakan busi harus mengganti busi yang rusak tersebut dan mereset ecu dengan cara menhapus dtc yang bisa dilakukan dengan cara melapas klem aki negatif sekitar satu menit atau dengan cara menghapus trouble code menggunakan alat scan. Semoga berguna.

error: