Ciri atau Tanda Kompresor Ac Bermasalah Pada Mobil Toyota Wish

Otomotifmobil.com – Beberapa waktu lalu saya melakukan perbaikan ac mobil toyota Wish dengan keluhan ac mobil tidak dingin saat mobil berhenti. Setelah melakukan pemeriksaan pada sistem ac mobil, pada saat kondisi mesin masih dingin ac mobil terlihat normal, On dan OFF kompresor ac terlihat normal dan ketika mengecek tekanan freon, tekanan freon ac pun terbaca normal dengan manifold gauge.

Mesin mobil toyota wish
Akan tetapi setelah mesin panas, setelah kompresor ac OFF, kompresor ac tidak bisa On secara otomatis dan ac pun menjadi tidak dingin, ini terlihat dari tekanan freon yang tidak normal yang tampak seperti halnya kompresor tidak bekerja dan selang ac tekanan rendah menjadi tidak dingin atau tidak berembun. Akan tetapi ketika mesin digas sedikit atau rpm dinaikan sedikit diatas 1000 rpm, kompresor ac bekerja kembali dan ac kembali dingin.

Masalah ac tidak dingin saat mobil berhenti atau saat rpm rendah ketika mesin sudah panas pada mobil toyota wish ini tidak berhubungan dengan sistem kelistrikan ac mobil. Murni penyebabnya adalah kerusakan pada kompresor ac, karena saat kompresor ac tidak bekerja, terdapat tegangan 12 volt untuk suplai ke spul selenoid valve kompresor pada valve di bagian belakang kompresor (lihat gambar kompresor ac dibawah). Ketika selenoid valve kompresor dilepas dari kompresor dan diberi tegangan langsung 12 volt, selenoid valve pengontrol kerja kompresor ac toyota Wish ini bekerja normal.

Kompresor baru ac mobil toyota wish
Kesimpulan diambil bahwa kompresor ac sudah rusak atau bermasalah dan perlu ganti kompresor baru, dan setelah ganti kompresor baru ac mobil pun normal kembali.

Harga kompresor ac mobil toyota Wish sekitar 3,5 juta rupiah sampai 3,8 juta, harga kompresornya sedikit lebih murah dari pada harga kompresor ac BMW 318i yang harga kompresor ac nya sekitar 5 juta rupiah.

Kesimpulan akhir:
Salah satu ciri atau gejala kompresor ac mobil rusak pada toyota Wish adalah kompresor tidak bekerja saat mesin sudah panas dan mesin dalam kondisi idle atau mobil sedang berhenti dengan rpm idle.Semoga berguna.

error: