Strada Triton Lampu Check Engine Menyala Dan Mesin Tidak Bisa Di Gas

Otomotifmobil.com – Beberapa hari lalu saya mengerjakan masalah pada mesin mitsubishi strada triton tahun 2010 dengan model KB4TGJNXZR dengan keluhan mesin tidak mau digas dan disertai lampu indikator mesin menyala.

Masalah pada mesin tersebut adalah mesin tidak bisa di gas atau rpm mesin tidak bisa naik diatas 1500rpm setelah mesin dibiarkan dalam kondisi idle kurang dari satu menit.

Tetapi ketika mesin dihidupkan dan langsung injak gas dan dibawa jalan, mesin terlihat normal, mobil masih bisa lari diatas 100km per jam, tapi saat berhenti di lampu merah, mesin idle untuk beberapa saat, mesin langsung tidak bisa di gas kembali, rpm tidak bisa naik lagi. Kalau sudah seperti ini cara bawa mobil bisa disiasati dengan cara matikan mesin, kemudian starter ulang mesin dan pakai jalan mesin akan normal kembali.

Masalah pada mesin mitsubishi strada triton yang saya tangani selalu muncul saat mesin idle atau stationer dalam waktu kurang dari satu menit.

Hasil pemeriksaan dengan scan tool adalah masalah pada fuel pressure regulator 1 performance dengan DTC P0089 ketika dibaca menggunakan software mobil untuk mitsubishi, tetapi ketika dibaca menggunakan generic OBDII terbaca P0089 artinya Rail Pressure control Valve.

common rail strada triton
Gambar letak common rail pada mobil diesel strada triton
Yang artinya kurang lebih adalah tekanan solar pada common rail tidak normal,terdapat kebocoran pada sisi tekanan tinggi bahan bakar diesel common rail ini, hal itu terlihat dari lonjakan tekanan secara tiba-tiba saat di lihat datastream sambil mesin digas, masalah ini hampir mirip dengan kejadian pada ford ranger yang sudah saya tulis DISINI tetapi dengan gejala yang berbeda. Seharusnya perubahan tekanan bahan bakar pada common rail diesel ini bergerak naik turun landai mengikuti putaran mesin.

Semoga berguna, pembahasan tulisan ini berlanjut, silakan ditunggu artikel berikutnya.

error: