Penyebab Rpm Mesin Tinggi Saat Stasioner

Otomotifmobil.com – Rpm mesin tinggi saat idle pada Colt T120ss dan Vios Limo Tahun 2003. Secara kebetulan kedua tipe kendaraan injeksi tersebut memiliki throttle body dengan ISC untuk mengontrol rpm mesin saat idle. Silakan lihat juga beberapa artikel saya yang sudah saya kelompokan dan membahas masalah rpm tinggi atau rpm tidak stabil DISINI.

Penyebab kedua kendaraan tersebut diatas, rpm tinggi saat stationer karena masalah pada throttle body dimana katup gas tidak bisa menutup penuh saat mesin idle.

Gejala throttle body rusak ini adalah rpm idle berada diatas 1000 rpm saat stationer, dan khusus pada mitsubhisi Colt t120ss rpm tinggi ini disertai rpm mengayun atau naik turun saat mesin baru hidup.

Silakan lihat gambar dibawah ini, meskipun setelan katup gas sudah dibuat minimal, masih terdapat rongga udara masuk lewat celah katup gas dan trhottle body.

throttle body mitsubishi colt t 120ss
Gambar celah atau rongga pada throttle body dan katup gas mitsubishi colt t120ss

Problem rpm idle tinggi yang di sebakan masalah pada katup gas seperti ini, tidak menutup kemungkinan terjadi pada mobil-mobil injeksi yang masih menggunakan ISC untuk pengaturan rpm saat idle.

Ciri atau tanda katup gas atau throttle body yang bagus, biasanya ketika ditarukan air pada throttle body, maka air tersebut tidak bisa mengalir ke sisi yang lain, pengetesan ini pada saat throttle body dilepas dari intake chamber atau bisa diperiksa dengan cara diterawang menggunakan cahaya.

Jadi kondisi katup gas benar-benar tertutup dan udara mengalir ke mesin saat idle hanya melewati Saluran udara yang ada pada ISC dan sedikit dari pcv valve.

Saya sendiri sering mengalami setelah membersihkan throttle body rpm idle justru jauh lebih tinggi diatas rpm normal saat idle dari sebelum dibersihkan.menutup saluran udara pada throttle body

Tips mengatasi rpm idle tinggi karena masalah pada katup gas throttle body adalah mengganti throttle body atau dengan menutup rongga udara menggunakan lem besi atau plastik steel dan saya pastikan rongga udara tertutup dengan baik dan tunggu hingga lem kering, setelah lapisan lem penutup rongga udara kering throttle body saya pasang pada intake camber.

Semoga berguna.

error: