Tips Melepas Dan Memasang Busi Yang Benar Agar Tidak Slek

Otomotifmobil.com – Busi mempunyai peran penting untuk kendaraan, sebab busi sebagai alat untuk membakar campuran bahan bakar dan udara didalam mesin. Apabila busi mengalami kerusakan maka kendaraan tidak akan bisa menyala. Satu-satunya cara yaitu dengan menggantinya dengan busi yang baru.

Busi menjadi rusak bisa karena hisapan bensin begitu banyak. Biasanya hisapan bensin yang terlalu banyak diakibatkan karena karburator banjir, ecu rusak atau sensor-sensor pada mesin efi mengalami gangguan, maka ruang mesin pun terlalu banyak bensin dan yang terjadi mesin menjadi lembab dan busi menjadi kotor. Jika busi kotor maka bisa menyebabkan korsleting pada busi dan bisa menyebabkan busi cepat mati.

Bisa pula karena ruang mesin kendaraan terlalu basah karena oli. Untuk permasalahan ini bisa diakibatkan karena keausan pada ring seker, seal klep atau karena silinder sudah aus sehingga oli masuk ke mesin.

Jika dilihat secara sekilas, mengganti busi terlihat begitu mudah. Namun sebenarnya dalam melepas busi lumayan ribet. Dalam melepas busi, tidak boleh sembarang lepas sebab dikhawatirkan rumah busi akan dol. Kunci yang digunakan untuk melepas busi mesti kunci khusus yaitu kunci busi.

Apabila ingin membuka busi sendiri, berikut ini ada sejumlah tips yang mesti di perhatikan.
Dalam membuka busi, pastikanlah mesin kendaraan dalam keadaan dingin. Apabila membuka busi sewaktu mesin kendaraan dalam keadaan panas akan menyebabkan drat lubang busi cepat dol.

Apabila drat lubang busi dol atau busi patah didalam, terdapat dua cara untuk mengatasinya, cara pertama yaitu membeli head silinder yang baru dan yang kedua yaitu harus membuat ulang drat busi ke bengkel las bubut.

lubang busi mesin 2az-fe
Gambar lubang busi dilihat dari bagian bawah silinder head mesin

Selanjutnya siapkanlah kunci busi lalu pasangkan kunci busi pada busi kendaraan. Putarlah busi berlawanan dengan arah jarum jam. Jangan memutar terlalu keras, putarlah secara perlahan supaya rumah busi tidak slek. Jika busi sudah terlepas, periksalah busi apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Biasanya busi yang tidak layak pada bagian ujungnya terlihat hitam pekat dan di sekitarnya terdapat kerak.

Sebelum memasang busi baru, sebaiknya bersihkanlah busi terlebih dahulu dengan menggunakan kain kering supaya tidak ada kotoran ataupun air. Kemudian masukan busi ke dalam rumahnya lalu putar searah jarum jam. Dalam mengencangkan busi, gunakanlah kunci busi. Putar secara perlahan sampai pas jangan terlalu keras agar busi tidak sulit dibuka nanti nya atau bahkan bisa menyebabkan busi patah. Di Ralali.com tersedia bermacam kunci busi yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pengirim : Ralali.com
Gambar oleh otomotifmobil.com.

error: