Memperbaiki Ford Escape Tidak Bisa Starter dan Tidak Bisa Hidup

Otomotifmobil.com – Beberapa hari lalu saya perbaiki Ford escape tahun 2007, mesin v6 3000cc tidak bisa distarter. Ketika kunci kontak pada posisi start, dinamo starter tidak bisa berputar.

Keluhan awalnya adalah slang radiator bocor mesin overheat dan sekring kipas radiator putus, itu berdasarkan informasi dari rekan yang mengerjakan kendaraan ini.Ford Escape 2007Ketika saya dimintai bantuan untuk mengatasi masalah tersebut, saya coba colokan alat scan pada soket obd2 yang terletak dibawah setir, alat scan tidak bisa mendeteksi keberadaan ECM/ECU, tetapi lampu indikator check engine menyala saat ON kunci kontak.

Akhirnya seperti biasa dalam memperbaiki sistem kelistrikan mobil, saya periksa semua sekring terlebih dahulu baik yang berada di ruang mesin maupun di bawah dashboard sebelah kiri.

Ketika memeriksa sekring di bawah dashboard sebelah kiri, ada satu sekring putus, sekring tersebut memiliki nama sekring EEC dengan ukuran 3 Ampere, sekring warna putih.Nama-nama sekring pada ford escape 2007 dibawah dashboard kiriSetelah sekring EEC dengan ukuran 3 Ampere saya ganti dengan sekring 7,5 Ampere untuk sementara, alat scan bisa membaca ECU mesin dan coba starter, mesin bisa berputar dan hidup.

Kesimpulan: putusnya sekring EEC pada ford escape menyebabkan beberapa hal yaitu ECU mobil tidak bekerja atau tidak terbaca oleh alat scan dan mesin tidak bisa distarter dan tidak bisa hidup.

Semoga bermanfaat.

error: