Avanza 2004 Akibat Salah Busi Lampu Indikator Check engine Menyala

Otomotifmobil.com – Akibat salah pemakaian busi menyebabkan mobil avanza tahun 2004 rpm mesin naik turun tidak normal dan lampu check engine menyala.

Akibat lainnya ketika ac mobil dinyalakan rpm mesin langsung ngedrop dan mesin langsung mati karena tenaga mesin kurang.

Dan hal ini sudah sering kali saya temui dan selalu saya tanyakan terlebih dahulu apakah masalah muncul setelah ganti busi?

Mesin Avanza 1300cc tahun 2004 belum memakai sistem Vvt-i dan masih menggunakan sistem pengapian dengan satu koil untuk dua busi atau pengapian dengan sistem satu bobin dua busi.

Ketika diperiksa data trouble code dengan jumper pin 4 dan 13 pada soket DLC yang berada di sebelah kiri atas pedal kopling, terdapat DTC kode 41, kode 51 dan kode kedipan 71.

Berikut adalah arti maksud Data Trouble Code yang diambil dari GSIC Toyota Avanza
Arti DTC kode 41 adalah malfungsi sirkuit sensor posisi pedal throttle atau throttle posisi sensor malfungsi.
Arti DTC kode 51 adalah sirkuit switch ac malfungsi atau kerusakan pada saklar air conditioner.
Arti DTC kode 71 adalah sistem kontrol idle malfungsi atau kerusakan pada sistem ISC.

Ketidakcocokan busi tersebut adalah pada tipe busi yang digunakan yaitu terdapat dua buah busi tidak menggunakan resistor. Busi Pada mobil AvanzaBusi yang tidak cocok untuk mesin avanza tahun 2004 adalah busi tanpa resistor, seperti terlihat gambar diatas terdapat dua buah busi yang memiliki tipe berbeda terpasang.

Dua buah busi menggunakan busi K20PR-U11 dan dua buah lagi menggunakan busi K20P-U.
Perbedaan dari kedua tipe busi tersebut adalah kalau K20PR-U11 menggunakan resistor dengan nilai tahanan sekitar 5 kiloohm sedangkan Busi K20P-U tidak menggunakan resistor di dalam busi dan memiliki nilai tahanan NOL ohm.

Busi K20P-U yang tidak terdapat resistor di dalam busi yang menyebabkan mesin Avanza tahun 2004 rpm mesin naik turun tidak normal dan mesin hilang tenaga.

Setelah diganti ke empat busi Avanza 2004 ini dengan tipe K20PR-U dan lepas klem aki untuk mereset ecu, mesin pun normal kembali dan lampu check engine tidak menyala lagi.

Kesimpulan: pada mesin avanza 2004 yang belum menggunakan VVT-i jika dipakai busi tanpa resistor didalam nya akan menyebabkan rpm mesin tidak normal, rpm naik turun dan ketika mesin dibiarkan dalam kondisi idle mesin akan mati sendiri apalagi ketika ac mobil dihidupkan.

Semoga berguna.

error: